Salin Artikel

Stasiun Meteorologi Maritim Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Laut Sulawesi

GORONTALO, KOMPAS.com – Stasiun Meteorologi Maritim Bitung Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 4 meter dapat berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian barat dan Laut Sulawesi bagian tengah.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Selatan–Barat dengan kecepatan berkisar 8-25 knot.

“Prakiraan ini berlaku mulai Rabu pukul 08.00 Wita hingga Kamis pukul 08.00 Wita,” kata prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Khoirul Insan, pada Selasa (11/10/2022).

Khoirul Insan mengatakan, tinggi gelombang sedang antara 1,25 hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kepualauan Sangihe, perairan Kepualauan Talaud, perairan Bitung–Kepulauan Sitaro, perairan selatan Sulawesi Utara dan Laut Maluku.

Akibat gelombang tinggi ini, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Bitung Andi Cahyadi mengharapkan masyarakat untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Andi Cahyadi mengingatkan, risiko keselamatan di laut ini terutama untuk perahu nelayan pada kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter,  kapal tongkang pada kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Kemudian, kapal feri pada kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

“Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar/area peringatan dini di atas harap mempertimbangkan kondisi tersebut,” kata Andi Cahyadi.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/12/054245878/stasiun-meteorologi-maritim-keluarkan-peringatan-dini-gelombang-tinggi-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke