Salin Artikel

Gelaran Porprov Paralayang Diselenggarakan di Sky Lancing Lombok Tengah

“Eksebisi Porprov Paralayang ini akan digelar 20-23 Oktober 2022. Selain untuk menunjukkan kesiapan menjadi tuan rumah di ajang internasional, sekaligus menyongsong PON 2028 yang mana NTB dan NTT menjadi tuan rumah,” kata pengurus lokasi Sky Lancing sekaligus Komandan Pangkalan Udara Bizam Kolonel Pnb Kargono, Senin (10/10/2022)

Dia menjelaskan, Sky Lancing yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah sendiri sebelumnya telah diresmikan oleh Aspotdirga KSAU Marsekal Muda TNI Bowo Budiarto sebagai tempat berlatih dan bertanding Paralayang.

“Ajang eksebisi nanti sekaligus melihat kesiapan atlet-atlet asal NTB. Pertandingan eksebisi memang harus rutin digelar untuk menguatkan mental,” ungkap Kargono.

Kargono mengatakan, antusias yang baik tampak pada ajang Kejurnas Paralayang yang sebelumnya digelar. Diketahui ada sekitar 80 atlet yang terlibat asal BTB yang tersebar di seluruh kabupaten kota.

“Menunjukkan memang kita di NTB ini memiliki potensi atlet Paralayang,” kata Kargono.


Perwira TNI AU yang sekaligus Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) NTB ini melanjutkan, atlet paralayang harus sering mengasah kemampuan.

“Kegiatan eksebisi ini tak membebani anggaran pemda. Ada dari sponsor,” terangnya.

Sky Lancing kini menjadi salah satu titik paralayang yang mendapat pengakuan nasional.

Dalam kejuaraan sebelumya ada puluhan atlet dari Papua, Sulawesi Tengah, Bali, Jawa Timur, dan Jakarta.

Kargono optimistis, olahraga aero sport di NTB bakal berjalan sukses, terlebih lokasi Sky Lancing sendiri tak jauh dari salah satu destinasi unggulan Indonesia yaitu KEK Mandalika.

“Olahraga ini sekaligus menjadi salah satu sarana promosi pariwisata,” ungkap Kargono.

Selain datang langsung ke pantai-pantai eksostis di kawasan yang memiliki Sirkuit MotoGP, olahraga paralayang dapat menjadi alternatif menikmati birunya laut Mandalika dari ketinggian.

Dari ketinggian, para pecinta olahraga paralayang akan melihat  perbukitan yang menjulang tinggi di kawasan Pulau Lombok bagian Selatan yang indah dengan adanya hamparan pasir putih yang berlokasi tidak jauh dari  kawasan Mandalika.

Sebelumnya pada 25-28 Agustus 2022, digelar event paralayang dunia bertajuk Pelangi Nusantara. Sementara, pada tanggal 21-24 Juli juga didahului adanya Kejurda Paralayang.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/10/214228378/gelaran-porprov-paralayang-diselenggarakan-di-sky-lancing-lombok-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke