Salin Artikel

UPDATE MINGGU MALAM: Jumlah Korban Jiwa Kerusuhan Stadion Kanjuruhan 125 Orang

MALANG, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Malang merilis data lengkap korban tragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan, Sabtu (2/10/2022) malam.

Sebagaimana di beritakan sebelumnya, jumlah korban meninggal sebanyak 125 jiwa.

Korban-korban itu yakni berasal Kabupaten Malang sebanyak 69 korban, Kota Malang 29 korban, Kota Batu 1 korban, Blitar 6 orang, Magetan 1 orang.

Kemudian, berasal dari Gresik 1 orang, Pasuruan 5 orang, Probolinggo 3 orang, Trenggalek 1 orang, Tulungagung 8 orang, dan tidak teridentifikasi 1 orang.

"Jenazah korban sudah kami antar ke rumah duka masing-masing untuk disemayamkan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Wiyanto Wijoyo melalui pesan singkat, Minggu (2/10/2022).

Sementara itu, korban yang mengalami luka-luka akibat peristiwa itu sebanyak 299 jiwa.

Dengan rincian korban yang mengalami luka ringan 260 jiwa, luka berat 39 jiwa.

"Yang luka ringan juga sudah dipulangkan. Hanya tersisa korban yang kritis dirawat di rumah sakit. Namun, kondisi kesehatan semakin membaik," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, tragedi kerusuhan mewarnai stadion Kanjuruhan usai Arema FC mengalami kekalahan saat bertanding melawan Persebaya Surabaya dalam laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023, di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022).


Kerusuhan itu tidak terelakkan saat Aremania turun ke lapangan, untuk menyampaikan protes.

Sayangnya penyampaian protes itu berlangsung panas. Para suporter melempari benda ke arah jalan akses keluar pemain.

Mengantisipasi kondisi yang semakin memburuk, jajaran pengamanan berupaya menghalau amukan massa Aremania itu. Namun, mereka tampak keteteran.

Puncaknya jajaran pengamanan menembaki gas air mata ke beberapa arah kerumunan suporter, bahkan ke beberapa tribun yang masih banyak suporter Aremania.

Kondisi pun terlihat panik. Semua massa arema berjubel berebut keluar dari Stadion Kanjuruhan, sampai beberapa suporter terinjak-injak yang lain.

Kondisi itulah yang diduga menjadi pemicu banyaknya korban jiwa berguguran. Akibat sesak napas dan terinjak-injak di tengah kerumunan suporter.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/02/211843778/update-minggu-malam-jumlah-korban-jiwa-kerusuhan-stadion-kanjuruhan-125

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke