Salin Artikel

Iriana Jokowi: Semoga Pulau Rinca Ini Selalu Terpelihara

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - lbu Negara Iriana Joko Widodo meninjau kawasan Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (29/9/2022).

Ibu Negara bersama anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) tiba di Pulau Rinca sekitar pukul 09.05 Wita.

Mereka menempuh perjalanan laut dengan menggunakan kapal pinisi Ayana Lako Di'a selama kurang lebih dua jam dari Dermaga Marina Labuan Bajo.

Tiba di Dermaga Loh Buaya, Pulau Rinca, Iriana disambut oleh istri Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Lilia Alue Dohong, serta Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bambang Hendroyono. Iriana dan rombongan kemudian mendapatkan penjelasan tentang Pulau Rinca dari Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang.

Setelah itu, Iriana bersama dengan para anggota OASE KIM meninjau kawasan Pulau Rinca dengan berjalan kaki. Selama perjalanan, Iriana dan para anggota OASE KIM melihat kondisi Pulau Rinca serta beberapa komodo yang ada di kawasan tersebut.

Usai meninjau kawasan Pulau Rinca, Iriana menyampaikan pesan pentingnya menjaga dan memelihara habitat komodo yang merupakan salah satu hewan endemik Indonesia dan dunia.

“Saya berpesan semoga Pulau Rinca ini untuk selalu terpelihara dan juga menjaga lingkungan,” ujar Iriana.

Menurutnya, penjelasan dari para pemandu memiliki peran yang sangat penting agar para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Rinca bisa mendapatkan informasi yang jelas terkait kawasan tersebut.

“Tadi ada pemandunya, juga menerangkan umur komodo, besar kecilnya, kelahirannya, tadi sudah jelas diterangkan pemandu wisata yang ada di sini,” ujarnya.

Dalam kunjungan ke Pulau Rinca, Iriana Joko Widodo bersama anggota OASE KIM melakukan kegiatan penanaman pohon kesambi.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/29/183255078/iriana-jokowi-semoga-pulau-rinca-ini-selalu-terpelihara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke