Salin Artikel

Blanko KTP Elektronik di Aceh Utara Kosong, Pemkab Minta Bantuan Provinsi dan Kemendagri

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Blanko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) dua pekan terakhir kosong di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Utara meminta bantuan Disdukcapil Provinsi Aceh untuk mengirimkan blanko KTP tersebut.

“Sore ini saya dapat kabar, kalau tidak nanti malam, mungkin besok sudah dibantu blanko KTP elektronik itu dari Disdukcapil Provinsi Aceh. Jumlahnya 500 lembar,” kata Kepala Disdukcapil Aceh Utara, Safrizal, per telepon, Rabu (28/9/2022).

Dia menyebutkan, jumlah 500 lembar itu masih tidak mencukupi. Karena itu ia minta bantuan dari Kementerian Dalam Negeri RI.

“Kemendagri menyatakan akan mengirim juga blanko tersebut. Namun, kita belum tau kapan sampainya. Di sana, juga jumlahnya tidak banyak lagi,” sebutnya.

Dia menyebutkan, karena jumlah blanko KTP yang terbatas, pihaknya menerapkan kebijakan khusus untuk masyarakat. KTP elektronik baru dicetak bila sangat membutuhkan.

“Sisanya, yang tidak mendesak, kita keluarkan identitas warga negara Indonesia. Di situ ada fotonya dan biodatanya. Ini seperti KTP juga fungsinya. Namun, ini hanya sementara, hingga blanko tersedia mencukupi,” sebutnya.

Sedangkan blanko KTP yang ada akan diperioritaskan buat remaja yang baru pertama kali memiliki KTP elektronik.

“Atau buat masyarakat yang baru menikah, di KTP-nya akan berubah status menikah. Itu kita prioritaskan juga, termasuk buat warga yang berobat, itu kita perioritaskan. Jadi kita selektif, mengingat jumlahnya terbatas,” ungkap dia.

Dia berharap, dalam waktu dekat, Kemendagri RI bisa memenuhi kebutuhan blanko tersebut di seluruh Indonesia.

“Sehingga warga yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik, bisa langsung mendapatkan KTP,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/28/181431378/blanko-ktp-elektronik-di-aceh-utara-kosong-pemkab-minta-bantuan-provinsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke