Salin Artikel

Tinjau Penyaluran BSU dan BLT, Jokowi: Jangan Belikan yang Lain

BAUBAU, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meninjau langsung penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) dan juga bantuan langsung tunai (BLT) di Kantor Pos Baubau, Kantor Pos Buton dan Kantor Pos Buton Selatan, pada Selasa (27/9/2022).

Selain itu, presiden memberi pesan kepada warga yang ditemui agar bantuan yang diterima dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. 

"Jangan belikan yang lain, gunakan sebaik-baiknya," kata Jokowi, kepada warga yang menerima bantuan di Kantor Pos Buton, Selasa.

Jokowi kemudian bertanya apakah semua sudah mendapat bantuan, berapa lama warga yang berada di kantor pos mengangkat kertas putih.

"Sudah Pak Jokowi," teriak warga secara bersamaan. 

Kepada sejumlah media awak, Presiden Jokowi mengatakan, penyaluran bantuan kepada warga sudah berjalan dengan baik.

"Kunjungan saya ke Baubau pertama kami menyaksikan pemberian bantuan subsidi kepada para pekerja di Kota Baubau, Provinsi Sultra oleh Ibu Menteri Tenaga Kerja," ujar Jokowi.

Ia menambahkan, sampai saat ini untuk BSU yang sudah tersalur adalah 7.077.000 penerima.

"Artinya sudah 48,3 persen yang sudah tersalur. Ini terus berjalan dengan kecepatan yang saya lihat sangat baik," ucap dia.


Selain itu, presiden menjelaskan bahwa realisasi penyaluran BLT BBM kepada masyarakat penerima manfaat juga sudah hampir mencapai target.

Presiden pun menargetkan bahwa penyebaran BLT BBM akan selesai pada akhir tahun ini.

"Kemudian, yang berkaitan dengan BLT BBM, sampai hari ini sudah 19,7 juta penerima manfaat, artinya sudah 95,9 persen, sudah hampir selesai. Sampai selesai, akhir tahun pasti selesai," kata Jokowi.

Dilokasi yang sama, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, mengatakan, BSU disalurkan dari Sabang sampai Merauke.

Namun, jumlah penerima di Sulawesi Tenggara sebanyak 79.676 penerima.

 "Yang disaksikan adalah di Kota Baubau, total penerima sampai sekarang di Sulawesi Tenggara ada 19.286 orang, sudah 24.21 persen," tutur Ida Fauziyah.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/27/163001578/tinjau-penyaluran-bsu-dan-blt-jokowi-jangan-belikan-yang-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke