Salin Artikel

Mahfud MD: Tak Ada Data Rahasia Negara Bocor karena Bjorka...

Menurut Mahfud, data-data yang dibocorkan Bjorka juga tak dijamin keakuratanya. 

"Mana ada data rahasia negara yang bocor karena Bjorka sampai hari ini, coba sebutkan," kata Mahfud MD usai Diskusi Publik RUU KUHP di Surabaya, Rabu (21/9/2022).

Mahfud mengatakah, menurut pengamatannya, Bjorka hanya memproduksi data sendiri lalu disebar. 

"Bayangkan data pribadi saya disebar dengan nama Ibu saya Siti Aminah. Padahal nama Ibu saya bukan Siti Aminah. Ngarang itu," terang Mahfud MD.

Bjorka menjadi sorotan karena diduga telah meretas sejumlah data dan situs resmi pemerintah. Sosok Bjorka juga turut menyebarkan data pribadi sejumlah pejabat publik.

Data-data tersebut, mulai dari nama lengkap, nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga, nomor ponsel, hingga alamat rumah.

Sejumlah korban doxing Bjorka antara lain Menteri Komunikasi dan Infomatika Jhonny G Plate, Ketua DPR RI Puan Maharani, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sementara itu, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) masih terus mendalami soal kasus peretasan yang dilakukan oleh hacker Bjorka.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, tersangka terkait Bjorka masih bisa bertambah.

"Ya tentunya (ada kemungkinan selain tersangka di Madiun), kan masih berproses," kata Dedi saat dikonfirmasi, Selasa (20/9/2022).

Satu tersangka terkait kasus Bjorka adalah Muhammad Agung Hidayatullah atau MAH (21). Ia merupakan warga asal Madiun, Jawa Timur.

MAH ditangkap pada 14 September 2022, tetapi langsung dibebaskan usai ditetapkan sebagai tersangka pada 16 September 2022.

MAH berperan membuat akun Telegram dengan nama Bjorkanism. Motif tersangka MAH adalah membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang.

Tersangka MAH juga pernah mengunggah 3 postingan terkait Bjorka dalam akun Telegram itu. Pada 8 September 2022, MAH menyebarkan unggahan Bjroka yang bertuliskan "stop being idiot".

Pada 9 September 2022, menyebarkan unggahan soal "the next leaks will come from the president of Indonesia".

Tanggal 10 September 2022 "to support people who has stabling by holding demonstration in Indonesia regarding the price fuel oil, i will publish my Pertamina database soon,". 

https://regional.kompas.com/read/2022/09/21/190625078/mahfud-md-tak-ada-data-rahasia-negara-bocor-karena-bjorka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke