Salin Artikel

Ketua DPRD Manggarai Timur Mengundurkan Diri dan Mencalonkan Jadi Wakil Bupati

Pengunduran diri itu lantaran Heremias akan mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati Manggarai Timur dan mengisi kekosongan kursi.

Adapun Wakil Bupati Manggarai Timur sebelumnya yakni Jaghur Stefanus meninggal dunia pada Maret 2022.

Dupa menjelaskan, pertimbangannya maju sebagai calon Wakil Bupati Manggarai Timur yakni lantaran rakyat membutuhkannya.

"Kepercayaan ini diberikan kepada saya untuk mengisi kekosongan Wakil Bupati yang ditinggalkan almarhum Wakil Bupati Manggarai Timur, Jaghur Stefanus. Ini juga sesuai regulasi yang diatur untuk mengisi kursi Wakil Bupati Manggarai Timur," kata Heremias Dupa, Jumat (16/9/2022).

"Salah satu yang diusulkan oleh Partai PAN dan koalisi yakni saya. Soal menang dan kalah siap menerima risikonya. Pemimpin itu tidak boleh takut untuk maju sesuai dengan regulasi," jelasnya, Jumat, (16/9/2022).

Dupa menjelaskan, pertimbangan kedua adalah melanjutkan karya Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur.



Tak hanya Dupa, Ketua Komisi A DPRD Manggarai Timur, Siprianus Habur juga mengundurkan diri dari anggota dewan dan menyatakan siap maju sebagai calon Wakil Bupati Manggarai Timur.

"Saya sudah siap apa pun risikonya. Soal kalah itu sudah pasti, tapi sebagai kader Partai Bulan Bintang (PBB) berjuang untuk menang. Tentu perjuangan itu dilakukan oleh anggota DPRD Manggarai Timur untuk menentukan pilihan bagi Wakil Bupati Manggarai Timur. Saya menerima apa adanya dari keputusan keterwakilan rakyat Manggarai Timur melalui anggota DPRD Manggarai Timur," jelasnya.

Habur mengatakan, siapa pun yang menang dan terpilih adalah karena doa rakyat.

"Saya sudah mengundurkan diri dari anggota DPRD Manggarai Timur. Dan saya sudah menandatangani surat pengunduran diri dengan meterai. Saya dan Heremias Dupa masih satu Koalisi Partai Politik yang pada Pilkada 2018 lalu mengusung Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas dan Wakil Bupati Manggarai Timur, Jaghur Stefanus. Dalam koalisi itu, PAN, PBB dan PKS," jelasnya.

Ketua Panitia Pemilihan Wakil Bupati Manggarai Timur, Bernadus Nuel yang ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, dua calon Wakil Bupati Manggarai Timur, Heremias Dupa dan Siprianus Habur sudah mendaftarkan diri.

Panitia sudah menerima berkas pencalonan diri keduanya.

"Panitia sudah memeriksa berkas dari dua calon ini. Dan dua calon ini sudah memenuhi syarat untuk maju dalam pemilihan, 23 September 2022," jelas dia.

Bernadus menjelaskan, penetapan calon dilakukan pada sidang Paripurna DPRD Manggarai Timur, Senin, 19 September 2022 di Gedung DPRD Manggarai Timur.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/16/211746478/ketua-dprd-manggarai-timur-mengundurkan-diri-dan-mencalonkan-jadi-wakil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke