Salin Artikel

Tim Gabungan Evakuasi 10 Pekerja Proyek Jalan yang Sembunyi di Hutan Saat KKB Menyerang

JAYAPURA, KOMPAS.com - Tim gabungan TNI-Polri berhasil menyelamatkan 10 pekerja PT. DHR yang bersembunyi di hutan setelah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membakar alat berat mereka.

Kesepuluh pekerja tersebut terpisah dari 24 rekannya sejak Senin (12/9/2022) malam saat KKB menyerang lokasi kerja mereka di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

"Jadi mereka lari ke hutan dan sembunyi di sana bersama masyarakat yang juga takut. Paginya ada masyarakat yang sudah pastikan KKB tidak ada, baru mereka keluar," ujar Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pegunungan Bintang, AKBP Cahyo Sukarnito, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (13/9/2022).

Pada pukul 15.35 WIT, tim gabungan tiba di lokasi kejadian dan mengevakuasi 10 pekerja ke Distrik Oksibil.

Selain itu, tim gabungan juga melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah (Polda) Papua, Kombes AM Kamal mengungkapkan, 10 pekerja itu sudah tiba di Oksibil dan telah diperiksa kesehatannya.

Setelah dipastikan para korban dalam keadaan sehat, mereka dikembalikan ke pihak perusahaan.

"Saat ini kesepuluh pekerja jalan tersebut sudah kembali untuk beristirahat di kamp PT. DRH," kata Kamal.

Diberitakan sebelumnya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diduga membakar alat berat di Kampung Mangabib, Distik Oksebang, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (12/9/2022) sekitar pukul 20.00 WIT.

Alat berat tersebut milik PT DHR yang sedang menggarap proyek pembangunan jalan Distrik Oksebang-Distrik Kiwirok.

“Diduga dilakukan oleh KKB Ngalum Kupel pimpinan Nason B. Mimin," ujar Kamal melalui keterangan tertulis, Selasa (13/9/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/09/13/162708078/tim-gabungan-evakuasi-10-pekerja-proyek-jalan-yang-sembunyi-di-hutan-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke