Salin Artikel

Resmikan UPT Labkesda, Bupati Sikka Temukan Bagian Gedung yang Retak

MAUMERE, KOMPAS.com - Bupati Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiskus Roberto Diogo meresmikan gedung Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Sikka di Maumere, Senin (12/9/2022).

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita. Selanjutnya, Bupati bersama rombongan memantau bangunan gedung secara menyeluruh.

Saat memantau kondisi bangunan gedung itu, Roberto mendapati ada bagian gedung yang sudah retak. Namun, Roberto menyebut itu sebagai hal yang lumrah karena konstruksi gedung yang terbuat dari baja.

"Tadi saya periksa ada (bangunan) yang retak. Saya tanya ini mengapa. Ternyata memang konstruksi bangunan ini adalah konstruksi baja," ujar Bupati Roberto saat memberikan sambutan.

Menurut penjelasan teknis, beber Roberto, retakan itu terjadi karena ada besi yang bergeser. Namun, dipastikan bangunan tersebut sangat kuat dan tahan gempa hingga magnitudo 10.

"Jadi kalau misalnya gempa belum sampai 10 skala richter itu belum roboh, tetapi kalau lebih dari 10 pasti dia jatuh," ujarnya.

Semestinya, kata Roberto, hal-hal teknis seperti itu harus dijelaskan sedari awal sehingga tidak menaruh curiga dan berdampak hukum.

Dirinya tidak menginginkan setelah bangunan itu diresmikan, kelompok kerja (Pokja), Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) hingga kepala dinas diperiksa aparat.

"Loh, ini bagaimana. Nanti tidak ada orang mau kerja di kabupaten ini karena habis kerja masuk penjara," katanya.

Bahkan, Roberto mengaku, saat ini kesulitan untuk mencari pegawai yang bisa mengeksekusi kegiatan pemerintah lantaran takut masuk penjara.

"Kalau seperti itu maka saya serahkan sendiri dokumen, supaya kejaksaan eksekusi sendiri karena pegawai-pegawai ini takut," katanya.

Roberto berharap aparat dan pemerintah saling bersinergi membangun daerah agar bisa memberikan yang terbaik bagi rakyat.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/12/180151378/resmikan-upt-labkesda-bupati-sikka-temukan-bagian-gedung-yang-retak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke