Salin Artikel

7 KRI hingga Kopaska TNI AL Dikerahkan Cari Pesawat Latih G-36 Bonanza yang Jatuh di Selat Madura

KOMPAS.com - Pesawat latih milik TNI Angkatan Laut (AL) jenis G-36 Bonanza T-2503 jatuh di Selat Madura saat menggelar latihan Adex Siaga Armada II.

Dilansir dari Antara, Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan menjelaskan, titik jatuh telah ditemukan.

Saat ini tim pencari sudah di lapangan dan sedang melakukan pencarian. Untuk pencarian TNI AL mengerahkan dua tim Komando Pasukan Katak (Kopaska), tujuh Kapal Perang Republik Indonesia (KRI dan dua Kapal Angkatan Laut (KAL) serta dua tim penyelam.

"Saat ini tim masih terus mencari di lokasi tempat jatuhnya pesawat latih kami. Sampai sore ini, perkembangan di lapangan telah menemukan titik jatuhnya pesawat yang diduga kerangka pesawat. Saat ini masih proses untuk melaksanakan penyelaman," kata Dwika dalam konferensi pers di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Jakarta, Rabu.

Hilang kontak

Seperti diketahui, pesawat tersebut diterbangkan Pilot Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan Kopilot Letda Laut (P) Dendy Kresna Bhakti.

Pesawat lepas landas pada pukul 08.45 Wib dari Bandara Juanda dengan rute Sub-(Armada) Loc Area-Sub.

Lalu, pada pukul 08.55 Wib pesawat latih milik TNI AL itu hilang kontak di sekitar laut Selat Madura.

"Pesawat tersebut terjatuh atau mengalami kecalakaan saat melaksanakan latihan dengan KRI-KRI di jajaran Koarmada II," ujar Kadispen Koarmada II Letkol Asep Ardiansyah, Rabu (7/9/2022).

(Penulis : Kontributor Surabaya, Ghinan Salman | Editor : Pythag Kurniati)

https://regional.kompas.com/read/2022/09/07/183153578/7-kri-hingga-kopaska-tni-al-dikerahkan-cari-pesawat-latih-g-36-bonanza-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke