Salin Artikel

Berkas Lengkap, KGPAA Mangkunegara X Segera Disumpah Jadi Advokat

SOLO, KOMPAS.com - Penguasa Pura Mangkunegaran Solo Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, berencana akan kembali mengeluti bidang hukum.

Sebelumnya, KGPAA Mangkunegara X berkuliah dan lulus dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) dan sempat berkerja di firma hukum di Jakarta.

Rencana kembalinya  Gusti Bhre dalam dunia hukum ini menyusul pertemuan dari sejumlah pengurus DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Solo di Pura Mangkunegaran, Senin (5/9/2022).

Pertemuan ini membahas KGPAA Mangkunegara X akan melakukan penyumpahan sebagai pengacara di Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Tengah.

"Dokumen sudah lengkap, dalam waktu dekat tanggal dan bulan segera mungkin akan dijadwalkan," kata Ketua DPC Peradi Kota Surakarta, Zainal Abidin, saat dikonfirmasi, Selasa (6/9/2022).

Penjadwalan ini menyusul adanya komitmen dari Gusti Bhre untuk bergabung di Peradi Kota Solo.

"Beliau menyampaikan komitmennya untuk menjalankan profesi sebagai pengacara yang profesional. Tidak ada perbedaan-perbedaan dengan pendaftaran lainnya," ujarnya.

"Sebelumnya, juga mendaftar di Peradi Jakarta kemudian akan dialihkan ke Peradi Solo," lanjutnya.

Di sisi lain, dalam pertemuan antara Peradi Kota Solo dengan KGPAA Mangkunegara X juga  telah sepakat untuk saling bersinergi di bidang hukum, kebudayaan, dan sosial.

Kiprah Gusti Bhre di bidang hukum, juga tercatat telah mendapatkan gelar pada sesi final Pre-Moot Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot yang ke-10 di Praha, Republik Ceko, 11 Maret 2018 lalu.

Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot (Vis Moot) adalah pertandingan pengadilan semu yang diadakan oleh Pace Law School, Vis Moot Foundation dan United Nations Commission on International Trade Law.

Pre-moot sendiri merupakan ajang pemanasan para peserta untuk memperbaiki argumen dan latihan tanding sebelum terjun ke ajang Vis Moot. 

https://regional.kompas.com/read/2022/09/06/164510878/berkas-lengkap-kgpaa-mangkunegara-x-segera-disumpah-jadi-advokat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke