Salin Artikel

Demo Tolak Harga BBM Naik di Sejumlah Daerah Diwarnai Kericuhan dan Blokade Jalan

KOMPAS.com - Aksi demo tolak BBM terjadi di sejumlah daerah. Beberapa aksi tersebut sempat diwarnai kericuhan dengan aparat keamanan.

Tidak hanya itu, massa juga sempat memblokade jalan dan bakar ban bekas.

Di Bengkulu, dua mahasiswa dikabarkan terluka saat terjadi kericuhan saat aksi demo tolak BBM di depan gedung DPRD Bengkulu, Rabu (31/8/2022).

Kericuhan terjadi saat massa mahassiwa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bengkulu mencoba masuk paksa ke dalam gedung DPRD.

Namun aksi itu dihalau aparat keamanan. Ketegangan pun tak terhindarkan. Dua mahasiswa alami luka di bagian dada.

"HMI Cabang Bengkulu mendesak pemerintah meninjau kembali rancangan APBN 2022, HMI Cabang Bengkulu menuntut lembaga pemerintah terkait untuk menangkap dan menindak tegas mafia migas yang menyebabkan kebocoran BBM bersubsidi," ujar Rafindo Hasan, koordinator aksi.

Sementara itu, mahasiswa yang tergabung dalam HMI cabang Makassar juga turun ke jalan menolak kebijakan pemerintah soal kenaikan harga BBM.

Para mahasiswa itu memblokade jalan hingga membakar ban bekas di depan sekretariatnya HMI di Jalan Bontolempangan, Sabtu (3/9/2022).

"Kami menolak keras kenaikan harga BBM bersubsidi yang jelas akan menyusahkan masyarakat," kata koordinator aksi, Wahyudi, Sabtu (3/9/2022).

Aksi serupa juga dilakukan sejumlah mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) hingga malam hari Jalan Perintis Kemerdekaan.

Akibatnya, lalu lintas di Jalur Trans Sulsel sempat tersendat. Aksi mahasiswa ini pun berakhir hingga pukul 20.00 Wita.

Sementara itu, di hari yang sama, puluhan mahasiswa di Palopo gelar aksi tolak BBM di jalan Trans Sulawesi, Palopo, Sulawesi Selatan.

Para mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Luwu (Ipmal), bahkan mengancam akan kembali turun ke jalan dengan massa yang lebih banyak.

Dalam aksinya, mereka berorasi dan membakar ban bekas.

“Kami minta kepada presiden dan wakil presiden Jokowi–Ma’ruf untuk segera menurunkan kembali harga bahan bakar minyak. Apabila BBM tidak kembali diturunkan maka dipastikan harga-harga akan lebih tinggi,” kata Rifki, koordinator aksi, Sabtu.

Satu orang diduga provokator sempat diamankan aparat kepolisian saat aksi berlangsung.

Provokator tersebut sempat bersitegang dengan mahasiswa peserta aksi.

Sementara itu, koordinator aksi, Ilham, mengatakan, mahasiswa memrotes kebijakan kenaikan harga BBM dari pemerintah.

Kebijakan itu berdampak buruk terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Kalau BBM naik akan berdampak buruk kepada masyarakat," kata Ilham, saat ditemui di lokasi, pada Kamis (1/9/2022).

(Penulis : Kontributor Kompas TV Luwu Palopo, Amran Amir, Kontributor Semarang, Muchamad Dafi Yusuf | Editor : Robertus Belarminus, Reni Susanti)

https://regional.kompas.com/read/2022/09/04/091531278/demo-tolak-harga-bbm-naik-di-sejumlah-daerah-diwarnai-kericuhan-dan-blokade

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke