Salin Artikel

Tim SAR Perpanjang 3 Hari Pencarian ABK KM Teman Niaga

BATULICIN, KOMPAS.com - Basarnas menambah waktu pencarian terhadap anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Teman Niaga selama 3 hari ke depan.

Sejauh ini, Tim Search and Rescue (SAR) gabungan sudah menemukan 3 jasad ABK KM Teman Niaga, seorang di antaranya sudah berhasil diidentifikasi.

Kepala Kantor Basarnas Banjarmasin, Al Amrad mengatakan, sesuai Standar Operating Prosedur (SOP) pencarian dilakukan selama 7 hari namun bisa diperpanjang sesuai dengan hasil koordinasi unsur-unsur SAR yang terlibat.

"Tim SAR gabungan pencarian korban KM Teman Niaga menambah waktu pencarian selama 3 hari ke depan setelah berlangsung selama 7 hari dari tanggal 26 Agustus hingga 1 September 2022. Keputusan ini hasil koordinasi dengan unsur-unsur potensi SAR yang terlibat di dalam pencarian korban kali ini," ujar Al Amrad dalam keterangannya yang diterima, Jumat (2/9/2022).

Tambahan waktu pencarian 3 hari itu, kata Amrad, akan dimaksimalkan untuk mencari sisa korban di Perairan Kabupaten Kotabaru di mana sebelumnya 3 korban berhasil ditemukan.

Amrad merilis, sejauh ini, total korban yang masih dicari berjumlah 8 orang setelah 4 korban ditemukan selamat dan 3 lainnya ditemukan tewas.

"Dengan ditambahnya waktu operasi SAR kali ini kami seluruh Tim SAR gabungan akan memaksimalkan proses pencarian, kami berharap 3 hari ke depan semua korban dalam pencarian bisa dapat kami evakuasi semua," harapnya.

Diberitakan sebelumnya, KM Teman Niaga dilaporkan tenggelam di Selat Makassar pada Selasa (22/8/2022) saat berlayar dari Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) menuju Biring Kassi, Sulawesi Selatan (Kalsel).

KM Teman Niaga baru diketahui tenggelam 3 hari kemudian setelah 4 ABK berhasil ditemukan selamat mengapung oleh kapal roro Dharma Fery III yang kebetulan melintas di Selat Makassar dalam pelayaran dari Pare-pare, Sulsel menuju Batulicin, Kalsel.

KM Teman Niaga diketahui mengangkut semen dengan 15 ABK.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/02/130935878/tim-sar-perpanjang-3-hari-pencarian-abk-km-teman-niaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke