Salin Artikel

Ayah Bayi Tanpa Kepala di Inhil: Kami Minta Keadilan, Kami Minta Dinkes Bertindak

PEKANBARU, KOMPAS.com - Khaidir tak menyangka bayi yang dilahirkan istrinya meninggal dunia secara tragis saat persalinan di Puskesmas Gajah Mada, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Anak Khaidir itu lahir tanpa kepala. Diduga, kepala bayi putus ketika persalinan dilakukan bidan Puskesmas Gajah Mada.

Atas kejadian ini, Khaidir meminta pertanggungjawaban pihak yang menangani persalinan istrinya, Nova Hidayati. Ia tak terima bayinya meninggal dunia saat persalinan.

"Kami minta keadilan. Kami minta ada tindakan dari Dinkes (Dinas Kesehatan) Inhil, itu kan kita harus tahu. Saya minta mereka tanggung jawab," ujar Khaidir saat diwawancarai Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (1/9/2022).

Hingga kini, ia belum melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian. Yang pasti Khaidir minta keadilan atas kematian anaknya.

"Belum ada lapor polisi. Belum tahu juga apakah lapor polisi nanti atau tidak," beber Khaidir.

Kepala Dinas Kesehatan Inhil Rahmi Indrasuri saat ditanya soal orangtua bayi meminta pertanggungjawaban, tidak memberikan tanggapan.

Rahmi juga tidak memberikan penjelasan terkait bayi lahir tanpa kepala ini, dengan alasan akan mengkonfirmasi terlebih dahulu dan masih ada kesibukan lain.

"Nanti ya dikonfirmasi dulu. Sekarang masih sama tim audit. Nanti kita sampaikan," kata Rahmi saat dikonfirmasi Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis.

Seperti diberitakan, seorang bayi lahir tanpa kepala saat proses persalinan ibunya di Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau.

Pada saat persalinan, kepala bayi itu diduga putus dan tinggal di dalam rahim ibunya. Bayi itu diduga sungsang.

Proses persalinan ibu bayi bernama Nova Hidayati, berlangsung di Puskesmas Gajah Mada, Tembilahan.

Cerita memilukan ini disampaikan oleh ayah si bayi, Khaidir didampingi Kuasa Hukumnya, Hendri Irawan, kepada wartawan di Kabupaten Inhil, Rabu (31/8/2022).

Khaidir mengaku menyaksikan langsung persalinan istrinya di Puskesmas Gajah Mada, Jumat (26/8/2022) lalu, sekitar Pukul 23.00 WIB. 

"Saya melihat langsung proses persalinan istri saya yang dilakukan oleh bidan menyebabkan hilangnya nyawa anak saya," ujar Khaidir.

Saat tiba di ruang Unit Gawat Darurat (UGD), istrinya diperiksa bidan. Waktu itu, sudah sedikit keluar pinggang si bayi.

"Setelah melihat kondisinya seperti itu, bidan langsung melakukan proses persalinan," sebut Khaidir.

Ia melanjutkan, pertama kali kaki bayi yang dikeluarkan. Setelah itu, keluar tangan.

Namun, ketika kepala bayi masih di dalam sulit dikeluarkan.

"Bidan terus mencoba menarik beberapa kali. Bahkan, ada bidan lainnya harus naik ke atas tempat persalinan. Saat itu saya menyaksikan langsung, badan anak saya terpisah dari kepala. Jadi kepala anak saya masih tertinggal di dalam (rahim). Kepala bayi saya putus," kata Khaidir.

Setelah itu, istrinya dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Inhil, untuk mengeluarkan kepala bayi yang masih tertinggal di dalam rahim.

Petugas medis mengambil tindakan operasi untuk mengeluarkan kepala bayi.

Namun, kepala bayi keluar setelah sang ibu mengejan sekuat tenaga.

"Setelah istri saya tahu bahwa yang tertinggal itu kepala (bayi), dia mencoba dengan sekuat tenaga (mengejan), dan akhirnya keluarlah (kepala bayi) tanpa harus operasi sesar," sebut Khaidir berlinang air mata.

Melihat kepala bayi yang keluar, dokter di UGD RSUD Puri Husada Tembilahan seperti kaget dan langsung terduduk di kursi mengetahui yang tertinggal itu adalah kepala bayi.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang las di sebuah bengkel ini mengaku syok dengan kejadian yang menimpanya.

Khaidir berharap ada keadilan dengan kejadian ini.

"Saya bingung kenapa istri saya tidak dioperasi jika (posisi bayi) tidak normal, dan membahayakan. Tapi, saya masih bersyukur istri saya masih diberikan keselamatan dan sudah keluar dari rumah sakit pagi tadi," ujar Khaidir.

Ia mengaku geram melihat bidan puskesmas yang tidak ada upaya untuk menyatukan kepala dengan badan mayat bayi tersebut.

Khaidir mengaku membawa mayat bayinya pulang dalam keadaan terpisah antara kepala dan badan. Sehingga dimakamkan kepala dan badannya tidak tersambung.

"Tidak ada niat bidan untuk menjahit menyatukan kepala dengan badan anak saya. Siapa yang tidak sedih menyaksikan anaknya seperti itu," ucap Khaidir.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/01/154016378/ayah-bayi-tanpa-kepala-di-inhil-kami-minta-keadilan-kami-minta-dinkes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke