Salin Artikel

Antisipasi Penimbunan Jelang Kenaikan BBM, Polresta Solo Awasi Puluhan SPBU

Langkah ini akan diberlakukan menyusul, belum diumumkan secara resmi oleh Pemerintah atas kenaikan BBM.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota (Wakapolresta) Solo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Gatot Yulianto, menjelaskan rencana pengawasan akan dilaksanakan 21 SPBU.

"Masih isu ya, kita masih belum tahu kapan BBM bersubsidi naik. Tetapi kita tetap akan melakukan antisipasi terutama potensi panic buying. Polresta akan akan mengamankan setiap SPBU di wilayah Solo ada 21 SPBU,  kita akan amankan semuanya," kata Wakapolresta, Selasa (30/8/2022).

Langkah pengawasan akan diberlakukan dengan beberapa penerapan, mulai melakukan pengecekan pembelian di SPBU yang berpotensi penyimpangan atau penimbunan.

Kemudian, petugas juga melakukan memonitoring atau mengecek mobil tangki yang memuat BBM yang akan didistribusikan atau disetor ke SPBU.

"Apakah pengisiannya sesuai dengan drop atau tidak. Jangan sampai tidak sesuai karena sudah didistribusikan ke tempat lain," kata Gatot.

Bahkan, antrian pengisian BBM juga tak lupa diperhatikan dalam antisipasi yang akan diterapkan ini.

"Termasuk mengecek, apabila ada yang mengantri membawa derigen, kita cek apakah membawa surat resmi atau tidak, dalam hal ini untuk membuktikan dia memang penjual eceran legal," ujarnya.

Selama pelaksanaan nantinya, menemukan adanya penimbunan atau kecurangan akan langsung diproses oleh Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polresta Solo.

"Apabila ditemukan indikasi penyimpangan maka akan dilakukan penegakkan hukum. Sekali lagi saya minta masyarakat tidak panik terkait isu kenaikan BBM dan jangan sekali-kali ada niatan melakukan penimbunan, maka akan berurusan dengan hukum," tegas Gatot.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/30/203912478/antisipasi-penimbunan-jelang-kenaikan-bbm-polresta-solo-awasi-puluhan-spbu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke