Salin Artikel

Fosil Gading Gajah Purba Sepanjang 2,5 Meter Usia Jutaan Tahun Ditemukan di Kudus

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus, Mutrikah berujar, fosil gading gajah purba tersebut ditemukan sekitar enam bulan lalu oleh petani setempat saat beraktivitas di sekitar Bukit Patiayam.

Petugas Disbudpar Kabupaten Kudus, bersama Tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran dan Museum Situs Purbakala Patiayam kemudian mulai melakukan ekskavasi, pengangkatan, dan penyelamatan fosil pada awal hingga pertengahan Agustus ini.

Selain fosil gading gajah purba, masih di koordinat yang sama ditemukan juga fosil fragmen tulang belakang gajah purba.

Fosil gading gajah purba yang tercatat masih cukup utuh beserta fragmen tulang belakang gajah purba tersebut saat ini sudah dipindahkan ke Museum Situs Purbakala Patiayam Kudus.

"Alhamdulillah saat ini temuan sudah di Museum Patiayam Kudus dengan kondisi aman," kata Mutrikah saat dihubungi melalui ponsel, Jumat (19/8/2022).

Koordinator Museum Situs Purbakala Patiayam Kudus Jamin mengatakan, merujuk keterangan tim ahli, fosil diperkirakan berusia 750.000 hingga 1,5 juta tahun lantaran ditemukan di lapisan Pleistosen.

Adapun ukuran gajah purba tersebut diperkirakan mencapai tinggi sekitar 6-7 meter dengan panjang tubuh sekitar 10 meter.

"Kini ada 40 gading gajah purba di Museum Patiayam Kudus, yang utuh sekitar 25 gading dan yang terpanjang ada 3 meter hingga 4 meter," pungkas Jamin.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/19/173442878/fosil-gading-gajah-purba-sepanjang-25-meter-usia-jutaan-tahun-ditemukan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke