Salin Artikel

Pengungsi Afghanistan Ikut Rayakan HUT RI dengan Lomba Makan Kerupuk

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 14 pengungsi asal Afghanistan mengikuti lomba makan kerupuk yang digelar warga Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (17/8/2022).

Bahkan, saat tiba di tempat kegiatan yang berada di RT 041 RW 001, mereka juga berjoget di panggung bersama warga setempat.

Mereka datang bersama pemilik hotel, tempat pengungsi itu tinggal, ke lapangan tempat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

“Kami senang sekali ikut memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Kegiatan (makan kerupuk) ini lumayan bagus, saya senang,” kata Wahid Aryan (28), salah satu pengungsi, saat diwawancarai sejumlah wartawan.

Wahid mengatakan, bukan kali ini saja ia dan pengungsi lainnya ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia. Sebelum pandemi Covid-19, banyak di antara mereka diundang pihak kelurahan untuk berpartisipasi dalam lomba.

“Tetapi ada juga beberapa teman yang baru kali ini ikut lomba makan kerupuk,” ujarnya.

Lurah Liliba, Viktor Makoni menyebutkan, pelibatan pengungsi Afghanistan dalam kegiatan lomba karena mereka bermukim di wilayah Liliba. Tujuannya, agar mereka dan warga Liliba saling kenal sehingga tidak timbul masalah yang tidak diinginkan di kemudian hari.

“Mereka membaur dengan warga sehingga emosional antara mereka dengan warga terbentuk. Tujuan kami adalah persaudaraan. Soal juara lomba itu bukan tujuan utama tetapi kekeluargaan itu yang kami pupuk,” kata Viktor.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/18/145500078/pengungsi-afghanistan-ikut-rayakan-hut-ri-dengan-lomba-makan-kerupuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke