Salin Artikel

Self Photo Studio, Konsep Foto Unik ala Korea yang Digandrungi Kalangan Muda Semarang

Salah satu self photo studio yang digandrungi anak muda Semarang saat ini ialah RR Studio Potret. Seperti studio pada umumnya, di ruangan studio disediakan beragam background.

Bedanya, di self photo studio sudah tertata rapi kamera di atas tripod dan lampu studio yang menyorot menghadap background. Tak hanya itu, ada pula layar kecil untuk melihat pose hasil tangkapan lensa kamera.

Owner RR Studio Potret, Ariestya Putra, mengaku, tren foto ini memang diadopsi dari Negeri Ginseng.

Menurut Aries, sapaan akrabnya, minat masyarakat dengan tren Korea sangat lah lekat. Sehingga, tidak cukup sulit untuk menarik customer self photo studio di Kota Semarang.

"Ini konsep baru, mereka bisa foto sendiri tanpa dibantu fotografer. Karena memang sedang musimnya, banyak yang datang dari anak-anak muda foto dengan kawan-kawannya," turur Aries saat ditemui Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Di samping itu, Aries menyebut, self studio banyak diminati masyarakat lantaran menawarkan harga yang cukup terjangkau.

Jika di studio foto biasa diberi harga sesuai banyaknya jepretan foto, harga di self studio foto hanya berdasarkan waktu.

"Kalau di studio ini customer hanya mengeluarkan uang Rp 100.000, diberi waktu 20 menit tapi tidak dibatasin jepretan, sudah dapat foto cetaknya juga," tutur Aries.

Tak heran, imbuh Aries, customer dari kalangan muda mulai dari pelajar hingga mahasiswa datang bergantian.

Hal senada juga disampaikan oleh Owner Momentia Self Photo Studio, Debby. Menurut perempuan asal Semarang itu, banyak anak muda yang datang ke self studio sengaja untuk mengabadikan momen berharga.

"Ada yang datang untuk foto wisuda, pernikahan, ulang tahun. Banyak juga yang foto couple sama pasangannya," jelas Debby.

Selain tren Korea, imbuh Debby, geliat self photo studio juga dipengaruhi oleh tren di sosial media. Tak bisa dipungkiri, banyak anak muda yang terinspirasi karena konten yang tersebar di sosial media.

"Kadang mereka datang, sekalian bikin konten TikTok, Reels Instagram. Jadi tanpa kita minta pun, mereka sudah dengan sendirinya menyebarkan ke sosmed," tutur dia.

Uniknya, di studio milik Debby itu juga membebaskan para customer untuk membawa binatang peliharaan.

Salah satu customer, Chantika, mengaku, dirinya tertarik untuk mengabadikan momen wisuda dengan datang ke self photo studio lantaran memiliki konsep yang berbeda dan lebih privat.

Lulusan Universitas Diponegoro (Undip) itu menyebut, self photo studio menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang pemalu seperti dirinya.

“Karena privat jadi lebih leluasa, tidak ramai. Saya pun ke sini gara-gara lihat sosial media,” tutur Chantika.

Selain harga yang terjangkau, menurut Chantika, konsep self photo studio seperti ini lah yang sebenarnya lebih diminati anak-anak muda.

“Buat zaman sekarang itu lebih asyik kalau datang ke self studio. Kita bebas berekspresi, jadi tidak formal-formal amat,” pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/16/104251078/selfphoto-studio-konsep-foto-unik-ala-korea-yang-digandrungi-kalangan-muda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke