Salin Artikel

Tiba di Sorong, Otak Pembakaran Double O Langsung Jalani Pemeriksaan

SORONG, KOMPAS.com - Seorang pria berinisal NB alias Toto, DPO terduga otak pembakaran Tempat Himburan Malam (THM) Double O yang menyebabkan 18 korban tewas akhirnya tiba di Sorong, Papua Barat.

NB terlihat keluar dari terminal Bandara Domine Edward Osok Sorong pada Minggu (14/8/2022) pagi sekitar pukul 10.00 WIT. Ia menggunakan pakaian warna kuning dengan tangan diborgol dan dikawal dua anggota polisi berpakaian preman.

NB ditangkap Tim Resmob Kepolisian Resor (Polres) Bintuni sekitar pukul 11.30 WIT saat NB berada di Kampung Lama, Kabupaten Bintuni, Papua Barat, Sabtu (13/8/2022).

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Sorong Kota, Iptu Achmad Elyasarif Martadinata membenarkan bahwa pihaknya telah menerima salah satu DPO kasus pembakaran Double O yang diserahkan langsung oleh dua personel Polres Bintuni.

"Untuk saat ini tersangka sudah kami periksa, untuk peran tersangka masih didalami. Tetapi menurut keterangan 12 saksi yang diperiksa, perannya (NB alias Toto) sebagai aktor intelektual," ujar Achmad Elyasarif di Polres Sorong Kota, Minggu (14/8/2022).

"Penetapan DPO NB alias Toto sejak Bulan Januari, kurang lebih 6 bulan. Yang bersangkutan selama pelariannya di Bintuni sering pindah tempat, terkahir dia tinggal bersama saudaranya di Kampung Lama," jelasnya.

Kasus pembakaran THM Double O terjadi pada 25 Januari 2022. Insiden pembakaran itu disebabkan pertikaian antara kelompok warga hingga berujung pada pembunuhan satu warga, yakni Khani Rumah dan 17 karyawan dan pengunjung tewas terbakar.

Polres Sorong Kota dengan dibantu Polda Papua Barat berhasil menangkap sebanyak 17 pelaku pembunuhan dan pembakaran THM Double O Sorong.

Pelaku yang berjumlah 17 dikenakan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/15/133837978/tiba-di-sorong-otak-pembakaran-double-o-langsung-jalani-pemeriksaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke