Salin Artikel

Jemaah Haji Kloter Terakhir Debarkasi Solo Tiba di Tanah Air Besok

Ini merupakan kloter terakhir Debarkasi Solo yang dipulangkan dari Tanah Suci Mekkah pada musim haji 1444 H/2022 M.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin mengatakan, kedatangan jemaah haji kloter 43 ini akan disambut oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief.

Selain itu, Staf Ahli Menteri Agama dan Staf Khusus Meneri Agama, Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama serta Kepala Kantor Kementerian Agama Jawa Tengah juga akan turut menyambut kedatangan jemaah haji kloter terakhir sebanyak 347 orang.

"Kepulangan kloter 43 ini mengakhiri operasional pemulangan jemaah haji Debarkasi Solo pada musim haji tahun ini," kata Sarip kepada Kompas.com di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (13/8/2022).

Menurut Sarip, jemaah haji kloter 43 ini dijadwalkan tiba di Asrama Haji Donohudan sekitar pukul 06.30 WIB. Mereka akan mengikuti prosesi serah terima di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan.

Setelah itu para jemaah haji langsung dipulangkan ke daerah asal dengan menggunakan armada bus yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah.

Dikatakan Sarip, prosesi penutupan kloter musim haji di seluruh Indonesia pada tahun ini akan dipusatkan di Debarkasi Solo pada Minggu (14/8/2022) pukul 07.30 WIB.

"Penutupan kloter di seluruh Indonesia nanti dipusatkan dari Solo pukul 07.30 WIB," terang Sarip.

Sebagai informasi, Embarkasi/Debarkasi Solo memberangkatkan sebanyak 15.447 calon jemaah haji asal Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada musim haji tahun ini.

Ada sebanyak 43 kelompok terbang (kloter), dan setiap kloter ada sebanyak 360 calon jemaah haji. 

https://regional.kompas.com/read/2022/08/13/222425978/jemaah-haji-kloter-terakhir-debarkasi-solo-tiba-di-tanah-air-besok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke