Salin Artikel

Aksi Mogok Massal di Labuan Bajo, Pemkab Jamin Transportasi Wisatawan dari Bandara hingga Kapal

Pemkab berkoordinasi dengan semua unsur Forkopimda untuk merespons situasi tersebut demi kenyamanan wisatawan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk bisa mengkondisikan keamanan teman-teman wisatawan yang hari ini hingga beberapa hari ke depan datang ke Labuan Bajo," ujar Bupati Manggarai Barat Edustasius Endi, Kamis (4/8/2022).

Fasilitas transportasi dari bandara

Lantaran banyak pelaku pariwisata yang menghentikan aktivitasnya, ada kemungkinan wisatawan kesulitan mendapatkan kendaraan.

Pemkab menjamin, akan menyediakan fasilitas bagi mereka.

"Kami fasilitasi transportasi bagi wisatawan di Bandara, terutama bagi wisatawan yang kesulitan mendapatkan kendaraan untuk selanjutnya bisa diantarkan ke hotel dan lokasi tujuan lainnya di dalam Kota Labuan Bajo," papar dia.

"Pemkab Manggarai Barat melalui Dinas Perhubungan menyiapkan dua unit bus Damri dan empat unit kendaraan kecil di kawasan bandara untuk mengangkut wisatawan yang kesulitan mengakses jasa transportasi ke tempat tujuan mereka," lanjut Edi.

 Tiket Kawasan TN Komodo, HPI NTT Sebut 10.000 Wisatawan Batal Kunjungi Labuan Bajo

Kapal ke pulau

Sementara untuk wisatawan yang akan menuju ke pulau, pihaknya telah mengantisipasi kesulitan lantaran adanya mogok massal.

"Begitu pun dengan kapal, kami sudah berkoordinasi dengan ASDP dan Pelni untuk siapkan kapal perbantuan bagi wisatawan yang akan ke pulau. Kami pastikan semuanya aman," tegas Bupati Manggarai Barat.

Pemerintah bersama Forkompinda menjamin keamanan seluruh wisatawan yang menginap di hotel maupun yang berlayar ke obyek wisata termasuk menjamin keamanan di lokasi obyek wisata.

Pihaknya juga akan menindak tegas pelanggaran hukum, baik rencana anarkis hingga tindakan boikot kepentingan umum.


Sementara itu General Manager (GM) PT. ASDP Labuan Bajo, Marsadik menjelaskan, sesuai hasil koordinasi bersama seluruh jajaran otoritas Manggarai Barat, pihak ASDP menyiapkan 2 unit kapal perbantuan.

Masing-masing kapal berkapasitas 80 orang untuk kapal kecil dan 300 orang untuk kapal besar. 

Kedua kapal perbantuan disiapkan sebagai bagian dari aksi tanggap darurat untuk menjamin kenyamanan wisatawan yang selama Agustus sudah menjadwalkan perjalanannya ke Labuan Bajo dengan rute perjalanan menuju tiga pulau.

"Ini hanya untuk perbantuan selama masa aksi mogok masih berlangsung dan jika memang ada permintaan dari wisatawan. Minimal dengan pemenuhan kuota 50 orang untuk kapal kecil dan 150 orang untuk kapal besar kita pastikan bisa berlayar," jelas Marsadik.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/04/125118878/aksi-mogok-massal-di-labuan-bajo-pemkab-jamin-transportasi-wisatawan-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke