Salin Artikel

Bertemu Mendag Zukifli Hasan, Bupati Blora Minta Bantuan Peningkatan Produk Ekspor

Dalam pertemuan sekitar 30 menit tersebut, Arief meminta tolong supaya Kementerian Perdagangan dapat membantu daerahnya dalam meningkatkan sejumlah produk ke pasar internasional.

Sejumlah hal yang didiskusikan dalam pertemuan itu antara lain, mengenai ekpor briket arang batok kelapa, ekspor kerajinan kayu jati, ekspor produk olahan kelor, hingga digitalisasi pasar tradisional.

“Alhamdulillah dalam diskusi tersebut, Pak Menteri Perdagangan menerima kami dengan baik," ucap Arief Rohman berdasarkan keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin (1/8/2022).

Selama diskusi tersebut, Arief mengaku banyak arahan, masukan, dan ilmu yang disampaikan oleh Zulkifli Hasan kepadanya terkait potensi yang dimiliki kabupaten Blora.

"Maturnuwun Pak Menteri atas ilmu, arahan, dan pencerahannya. Semoga kedepan beliau berkenan hadir ke Blora melepas ekspor produk briket arang batok kelapa, ekspor kerajinan kayu jati, hingga ekspor produk olahan kelor," kata dia.

"Harapannya bisa bermanfaat untuk Blora kedepan, dalam hal pertumbuhan ekonomi daerah. Kita ingin ekonomi kita terus bangkit positif pasca pandemi," imbuh dia.

Sementara itu, Zulkifli Hasan, menyampaikan pihaknya siap membantu Kabupaten Blora dalam upaya peningkatan produk ekspornya.

“Insyaallah kami bersama jajaran Kemendag siap mendukung upaya Blora untuk fokus pada peningkatan ekspor hasil produk dari Blora," kata dia.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut siap mendukung dan mendorong daerah-daerah yang ingin fokus meningkatkan neraca perdagangan ekspor, seperti Kabupaten Blora.

"Karena yang menjadi fokus arahan dari Pak Presiden juga untuk menggenjot ekspor," ujar dia.

Selain itu, Kementerian Perdagangan menyatakan siap untuk memberikan program pendampingan dalam rangka meningkatkan mutu kualitas produk ekspor daerah.

“Tadi banyak yang disampaikan Pak Bupati. Termasuk upaya digitalisasi transaksi untuk pasar-pasar tradisional. Seiring perkembangan teknologi, transaksi perdagangan juga harus disiapkan. Kami apresiasi komitmen Kabupaten Blora dalam hal ini," terang dia.

Untuk diketahui, beberapa produk lokal Kabupaten Blora seperti briket arang batok kelapa, kemudian kerajinan kayu jati, hingga produk olahan tanaman kelor memang sudah layak ekspor.

Beberapa waktu lalu, produk-produk tersebut sempat dipamerkan di pojok UMKM Bandara Ngloram saat Presiden Jokowi melakukan peresmian bandara pada 17 Desember 2021 lalu.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/01/162502978/bertemu-mendag-zukifli-hasan-bupati-blora-minta-bantuan-peningkatan-produk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke