Salin Artikel

Penumpang KA Terobos Masuk dan Adu Mulut dengan Petugas di Purwokerto gara-gara Belum Vaksin Booster

Dalam video berdurasi 1 menit 31 detik itu tampak dua petugas mengarahkan seorang ibu untuk turun menjalani tes antigen lantaran penumpang belum menerima vaksin booster atau baru dua kali divaksin.

"Nanti Ibu dikomplain banyak orang," kata petugas dengan suara lembut.

"Biarin saja, biar semua orang tahu saya enggak apa-apa. Karena saya jelas tiket saya ada," kata penumpang tersebut dengan nada tinggi.

Saat diminta turun untuk mengurus tes antigen, penumpang tersebut mulanya menolak.

Petugas bahkan telah memberi penjelasan jika hal tersebut berdampak pada penumpang lainnya.

"Saya juga punya kepentingan, saya juga ditunggu suami saya di sana, enggak bisa kayak gitu, saya bukan masalah ganti," ujar penumpang itu.

Selanjutnya setelah didatangi seorang petugas keamanan yang lain, penumpang tersebut akhirnya bersedia turun.

Penjelasan KAI

Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi di KA Purwojaya relasi Purwokerto-Gambir, Jumat (29/7/2022).

"Saat melakukan boarding di Stasiun Purwokerto sekitar pukul 15.45 WIB penumpang tersebut diketahui baru vaksin dua dosis. Penumpang belum bisa vaksin dosis ketiga karena alergi," kata Ayep kepada wartawan, Sabtu (30/7/2022).


Petugas stasiun lantas mengarahkan penumpang tersebut untuk tes antigen, namun ibu itu tidak bersedia.

Penumpang kemudian diarahkan ke costumer service untuk mendapat penjelasan.

"Yang bersangkutan marah-marah, kemudian pada pukul 15.48 WIB penumpang lari menerobos ke boarding dan naik ke dalam rangkaian KA Purwojaya," ujar Ayep.

KA terlambat

Selanjutnya di atas KA petugas memberi penjelasan terkait persyaratan naik KA jarak jauh. Setelah sempat adu mulut penumpang tersebut akhirnya bersedia turun.

"Akibat peristiwa itu keberangkatan KA Purwojaya mengalami keterlambatan 16 menit dari yang seharunya pukul 16.02 WIB menjadi pukul 16.18 WIB," kata Ayep.

Setelah diturunkan dari KA Purwojaya, kata Ayep, penumpang tersebut kemudian menjalani tes antigen dan melanjutkan perjalanan menggunakan KA Senja Utama Solo.

Menurut Ayep KAI Daop 5 Purwokerto konsisten menerapkan aturan perjalanan SE Kemenhub Nomor 72 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 yang berlaku sejak 27 Juli 2022.

Pelanggan KA jarak jauh yang belum mendapatkan vaksinasi ketiga (booster) wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen yang masih berlaku pada saat boarding.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/30/104742678/penumpang-ka-terobos-masuk-dan-adu-mulut-dengan-petugas-di-purwokerto-gara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke