Salin Artikel

Demi Efektivitas Belajar, 39 SDN di Purworejo yang Kekurangan Murid Bakal Dilebur

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) berencana akan melakukan penghapusan atau penggabungan Sekolah Dasar (SD) Negeri yang memiliki siswa sedikit atau minim siswa di tahun 2022 ini.

Kabid Pendidikan Sekolah Dasar Dindikbud Kabupaten Purworejo, Sri Anteng, saat dikonfirmasi mengatakan tercatat ada sekitar 39 SDN di wilayah Purworejo yang akan digabung atau di-regroup pada 2022 ini.

Dari 16 kecamatan yang ada di Purworejo, hanya 2 kecamatan yang tidak masuk dalam daftar SDN yang dilebur, yakni Kecamatan Bruno dan Kecamatan Bener.

"Sebelumnya tahun 2009 dan tahun 2015 juga ada regrouping, ada 14 Kecamatan yang SDN nya di-regrouping," katanya saat ditemui ruang kerjanya pada Rabu (27/7/2022).

Anteng menjelaskan, sebenarnya proses regrouping SDN di Purworejo sudah direncanakan sejak 2019 yang lalu.

Pihak dinas rencananya akan mengeksekusi peleburan ini di 2021, namun pada tahun tersebut ada proses penerimaan P3K bagi guru, sehingga regrouping baru bisa dilaksanakan di tahun ini.

"Dengan harapan proses P3K berjalan dengan lancar, dan setelah selesai akhirnya progam yang seharusnya tahun 2021 dilanjutkan tahun ini, usulan awal ada 39 sekolah yang diusulkan regrouping," katanya.

Ia menambahkan, dasar regrouping adalah Perbup Nomor 14 Tahun 2020 dengan sasaran-sasaran yang sekolah yang murid nya kurang dari 60. Meski demikian, apabila jarak tempuh siswa jauh dari lokasi alternatif, sekolah tersebut tidak bisa dilebur.

"Kurang dari 60 tapi pada letak geografis yang tidak mungkin diregrouping maka tetap beroperasional, lha disini ada Kecamatan Bruno dan Kecamatan Bener " katanya

Diketahui jumlah SDN yang ada di Kabupaten Purworejo sendiri ada 498 SD sebelum dilakukan regrouping. Proses pemberian SK regrouping dilaksanakan pada bulan Juni, Juli hingga bulan agustus mendatang.

"Yang sudah mulai ada 16 sekolah, tersebar di Kecamatan Pituruh, Kemiri dan Gebang," tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/28/160804578/demi-efektivitas-belajar-39-sdn-di-purworejo-yang-kekurangan-murid-bakal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke