Salin Artikel

Daftar Daerah dengan Suhu Dingin Ekstrem, Capai 2 Derajat Celsius hingga Muncul Es

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sejumlah pemberitaan di Kompas.com, suhu dingin paling ekstrem terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Hubungan Masyarakat Balai Besar TNBTS Syarif Hidayat menyebutkan, suhu di kawasan TNBTS mencapai 2 hingga 6 derajat Celsius.

Suhu dingin menyelimputi kawasan TNBTS yang berada pada ketinggian 500 mdpl ke atas.

"Embun es ini terjadi pada pagi hari, sebelum matahari terbit di sekitar Bromo dan Ranu Pani," ungkap Syarif, dikutip dari Kompas.com Regional, Senin (25/7/2022).

Menurut Syarif, suhu dingin ekstrem hingga menghasilkan embun es di kawasan itu terjadi setiap tahun dalam rentang waktu Juli hingga Agustus.

Fenomena serupa terjadi di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pada Selasa (26/7/2022) pagi, suhu di dataran tinggi Dieng mencapai 2 derajat Celsius. Fenomena itu terjadi pada pagi hari hingga memunculkan embun es.

"Dua hari berturut-turut, kemarin (Senin, 25/7/2022) hingga hari ini muncul embun es," kata Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelolaan Wisata Dieng Sri Utami dilansir dari Kompas.com Regional, Selasa.

Begitu pula di Lumajang, Jawa Timur. Suhu dingin melanda Desa Ranupane, Kecamatan Senduro, hingga mencapai titik eksrem 7 derajat Celsius.

Akibatnya, muncul embun es di dedaunan setiap pagi hari.

Hermanto, warga setempat menyebut fenomena embun es itu sebagai "bun upas".

"Kalau orang sini bilangnya bun upas, ini sering terjadi biasanya bulan Juli-September itu," ujar Hermanto dilansir Kompas.com Regional.

Sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur juga tidak luput dari suhu dingin. Bahkan di Kabupaten Manggarai, suhu dingin mencapai 10 derajat Celsius.

Hal itu disampaikan Prakirawan BMKG Stasiusn El Tari Kupang, Nanik Tresntawati dilansir Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Menurut Nanik, fenomena itu sudah berlangsung selama dua pekan.

Sementara di daerah lainnya di NTT, suhu dingin mencapai 17 hingga 20 derajat Celsius.

Penyebab suhu dingin

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mengatakan, penyebab suhu dingin di sejumlah wilayah Indonesia akhir-akhir ini adalah karena akan memasuki puncak musim kemarau.

Ia mengatakan, fenomena itu adalah hal yang lumrah.

Menurut Nanik, saat ini wilayah Pulau Jawa hingga NTT akan memasuki masa puncak musim kemarau.

Dijelaskan, suhu dingin di Indonesia berasal dari pergerakan angin dari Benua Australia yang biasa disebut Monsoon dingin Australia.

Pada Juli ini, Australia mengalami periode musim dingin.

"(Monsoon) bertiup menuju wilayah Indonesia melewati perairan Samudera Indonesia yang memiliki suhu permukaan laut juga realtif lebih dingin," kata Miming.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/26/194840278/daftar-daerah-dengan-suhu-dingin-ekstrem-capai-2-derajat-celsius-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke