Salin Artikel

Kebakaran Hanguskan 6 Ruko dan 1 Rumah Warga di Bima, Kerugian Ditaksir Capai Rp 5,8 Miliar

Kebakaran diduga terjadi akibat korsleting dari salah satu ruko yang menjual bahan plastik.

"Taksiran kerugian akibat kebakaran enam toko dan satu unit rumah itu Rp 5,8 miliar," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Bima, Suryadin dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (26/7/2022).

Suryadin mengatakan, tim gabungan masih terus bekerja di lokasi kejadian untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran tersebut.

Di samping itu, mereka juga melakukan upaya tanggap darurat bencana kebakaran dengan menyalurkan bantuan logistik, pendistribusian air bersih, serta gotong royong pembersihan puing-puing bangunan ruko.

"Kebutuhan mendesak saat ini peralatan berat untuk pembersihan lokasi, instalasi air bersih, dan logistik tambahan," ujarnya.

Suryadin menyebutkan, dari kebakaran itu terdapat tujuh kepala keluarga (KK) terdampak.

Mereka kini menetap di rumah masing-masing dan ada yang tinggal sementara waktu di rumah keluarganya.

Sementara itu, Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polres Bima, Iptu Adib Widayaka mengungkapkan, saat ini tim masih melakukan olah TKP serta meminta keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian. Ia belum dapat memastikan penyebab kebakaran. 

Adib berharap, pemilik ruko dan warga sekitar tidak terprovokasi dengan isu-isu yang berkembang sebelum adanya pernyataan resmi dari kepolisian atau instansi terkait.

"Kami imbau agar tidak mudah terprovokasi oleh kelompok atau oknum yang menyebarkan informasi hoaks soal penyebab kebakaran itu. Untuk memastikan penyebabnya masih kami selidiki," jelasnya.

Adib menuturkan, kobaran api diduga berasal dari ruko milik H Abdurrahman sekitar pukul 17.45 wita.

Warga yang melihat kejadian tersebut langsung berupaya melakukan pemadaman, namun tidak berhasil karena peralatan yang digunakan seadanya.

Beberapa jam setelah api menjalar ke komplek pertokoan dan rumah warga, petugas pemadam kebakaran yang diturunkan berhasil memadamkan api sekitar pukul 20.00 Wita.

"Saat itu api cepat sekali menjalar ke sejumlah ruko dan baru baru berhasil dipadamkan oleh petugas sekitar pukul 20.00 Wita," kata Adib.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/26/112533678/kebakaran-hanguskan-6-ruko-dan-1-rumah-warga-di-bima-kerugian-ditaksir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke