Salin Artikel

Tanaman Bonsai Anting Putri Semakin Populer, Harganya Capai Rp 150 Juta

KOMPAS.com - Tanaman Bonsai tidak pernah kehilangan peminatnya. Hal itu terbukti dengan tingginya antusias masyarakat dalam Festival Bonsai dan Exhibition Bumi Wiralodra 2022.

Festival bonsai setingkat nasional itu resmi dibuka di Gor Singalodra, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Minggu (24/7/2022).

Acara tersebut diselenggarakan oleh Rumah Bonsai Indonesia (Rubi) untuk mempertemukan para pecinta tanaman bonsai, khususnya yang tinggal di kawasan Pantura (Pantai Utara).

Sebagaimana yang dikatakan Ketua Panitia acara Festival Bonsai, Yank Cahyanto, ada banyak warga kawasan Pantura Jabar yang gemar dengan tanaman bonsai, bahkan jumlahnya mencapai ribuan orang.

Dia mengatakan, ada berbagai jenis bonsai yang dipamerkan dalam gelaran Festival Bonsai kali ini.

"Ada banyak sekali jenis yang dipamerkan, mulai dari Bonsai Anting Putri, Lohansung, Beringin Kuning, Serut, Ileng-ileng, dan masih banyak lagi," kata Yank, dikutip dari jabar.tribunnews.com, Minggu (24/7/2022).

Dari sekian banyak jenis bonsai yang dipamerkan, bonsai Anting Putri menjadi salah satu yang paling mendapat sorotan.

Pasalnya, Anting Putri memiliki daun yang unik dengan bunganya yang menggantung sehingga mempercantik penampilan tanaman hias ini.

Yank mengatakan, Bonsai Anting Putri pun dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yakni puluhan hingga ratusan juta rupiah.

"Untuk harga relatif. Jika di pasaran, ada yang dihargai Rp 50-150 juta," ujarnya.

Yank menuturkan, masyarakat yang tertarik untuk melihat berbagai jenis tanaman bonsai, bisa langsung datang ke Festival Bonsai dan Exhibition Bumi Wiralodra 2022.

"Hari ini kita mulai pembukaan dan nanti tanggal 25-28 Juli 2022 akan dibuka pameran bonsai di sini," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/24/161755978/tanaman-bonsai-anting-putri-semakin-populer-harganya-capai-rp-150-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke