Salin Artikel

Akui Terima Uang Rp 50 Juta dari Bupati Nonaktif PPU, Andi Arief: Datanglah Pagi-pagi Kresek Hitam

Sidang tersebut berlangsung di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Samarinda. Andi Arief menjelaskan, Abdul Gafur memberikan uang kepadanya pada Maret 2021.

“Betul (diberikan uang oleh Abdul Gafur) Pak,” kata Andi Arief, Rabu (20/7/2022) seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Meski begitu, dia menyebut bahwa uang yang diterimanya itu berkaitan dengan masalah Covid-19 di internal Partai Demokrat. Menurutnya saat itu beberapa kader Partai Demokrat terinfeksi Covid-19. 

 “Itu covid melanda kader-kader Partai Demokrat banyak sekali waktu itu. Jadi Pak Gafur ini memberi kejutan ya dengan membantu,” jelasnya.

Dia mengatakan bahwa uang yang diterimanya dari Abdul Gafur tidak berkaitan dengan Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat di Kalimantan Timur.

“Tapi memang karena Pak Gafur ini saya dengar dari tahun berapa memang perhatian sama DPP itu pada pegawai-pegawai kecil memang ada,” terang Andi Arief.

Uangnya di dalam kresek hitam

Andi Arief juga menjelaskan kornologis kronologis pemberian uang dari Abdul Gafur tersebut. Dia mengatakan bahwa uang tersbeut diberikan oleh sopir Abdul gafur di dalam kresek hitam.

“Jadi yang memberikan itu sopirnya Pak, katanya. Walaupun saya enggak tahu itu sopirnya, karena enggak pernah jumpa saya. Datanglah pagi-pagi kresek hitam (berisi) Rp50 juta. Saya tanya pada Pak Gafur 'ini uang apa Pak Gafur?',” ungkap Andi Arief.

Uang tersebut digunakan untuk membantu kader yang terinfeksi covid-19.

"Ya pakailah untuk teman-teman yang kena Covid. Saya bagikan,” tuturnya.

Sementara untuk penerimaan uang dari Abdul Gafur yang kedua, dia tidak memberikan penjelasan secara  detail. Menurutnya, uang tersebut juga diberikan untuk masalah Covid-19.

Dia mengaku tidak tahu persis nominal uang yang diberikan saat itu.

Diketahui Abdul Gafur didakwa menerima suap Rp 5,7 miliar terkait proyek dan perizinan di Kabupaten PPU. Suap itu diterima Abdul Gafur yang juga ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan melalui sejumlah orang kepercayaannya dari berbagai perusahaan dan kontraktor.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BREAKING NEWS:Politikus Demokrat Andi Arief Akui Terima Uang dari Bupati Penajam Paser Utara, (Penulis: Ilham Rian Pratama |Editor: Johnson Simanjuntak)

https://regional.kompas.com/read/2022/07/20/160407378/akui-terima-uang-rp-50-juta-dari-bupati-nonaktif-ppu-andi-arief-datanglah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke