Salin Artikel

Harga Rajungan di Kota Semarang Turun Tajam, Hanya Rp 40.000 Per Kilogram

Kepala Pasar Ikan Tambak Lorok Semarang, M Amron mengatakan, harga rajungan sudah mulai turun sejak beberapa minggu yang lalu.

"Sebabnya saya belum tahu pasti, mungkin karena pabrik tak ada yang ekspor," jelasnya kepada Kompas.com, Senin (18/7/2022).

Sampai saat ini, harga rajungan di Pasar Ikan Tambak Lorok hanya Rp 40.000 per kilogram. Padahal, sebelumnya harga rajungan bisa sampai Rp 135.000 per kilogram.

"Ini memang murah banget," keluhnya.

Dia tak menyangkal jika beberapa pedagang rajungan di Pasar Ikan Tambak Lorok sudah mulai mengeluh. Menurutnya, harga rajungan saat ini memang tak masuk akal.

"Yang mengeluh pasti banyak. Nelayan juga kasian," kata dia.

Salah satu pedagang rajungan di Pasar Ikan Tambak Lorok, Siti Mualifah membenarkan jika harga rajungan turun drastis. Hal ini membuatnya pusing.

"Kalau nelayan tak semuanya tau harga rajungan sekarang ya. Ada yang masih menjual tinggi sementara harga rajungan di pasar turun," keluhnya.

Sampai saat ini, dia tak tau pasti penyebab harga rajungan turun. Dia berharap, harga rajungan bisa seperti semula agar antara nelayan dan penjual bisa sama untung.

"Kalau harga rajungan murah kasian nelayan juga. Susah cari rajungan," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/18/134842278/harga-rajungan-di-kota-semarang-turun-tajam-hanya-rp-40000-per-kilogram

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke