Salin Artikel

Protes Tak Pernah Diaspal, Warga Buton Utara Tanam Pohon Pisang dan Kelapa di Tengah Jalan

Dalam video tersebut, terlihat beberapa pohon pisang yang sudah berbuah telah ditanam di jalanan. Demikian pula dengan dengan biji kelapa yang tumbuh juga ditanam di tengah jalanan.

Penanaman pisang dan kelapa di jalan poros Buton Utara dan Kabupaten Muna ini merupakan bentuk protes warga akibat kondisi jalanan yang rusak berlumpur dan belum pernah diaspal hingga saat ini.

“Itu sebenarnya bagian dari wujud gejolak emosial masyarakat terhadap kondisi jalan. Ini bentuk menunjukan gejolak terhadap jalur transportasi yang sedemikian parahnya,” kata seorang warga Hazimudin, Minggu (17/7/2022).

Walaupun demikian, beberapa kendaraan roda dua masih bisa melintas di jalan poros tersebut.

Menurut Hazimudin, semenjak Kabupaten Buton Utara mandiri, jalan poros itu belum pernah diaspal hingga saat ini.

“Bisa dibilang masyarakat Buton Utara tidak pernah menikmati secara maksimal sebagai akses jalan tranportasi  itu sudah berjalan puluhan tahun, kalau ada yang dikerjakan aspal hanya dititik-titik tertentu,” ujar Hazimudin. 

Di tempat yang sama, Arzal mengatakan, sebagai pemuda Bonegunu berharap kepada pemerintah daerah maupun provinsi dapat segera memperbaiki jalan tersebut.

“Karena kami sudah cukup lama menderita terkait persoalan jalan. Sudah 15 tahun Buton Utara mekar, tidak ada perhatian sedikit pun dari pemerintah provinsi sultra (perbaikan jalan),” ucap Arzal.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/17/224926078/protes-tak-pernah-diaspal-warga-buton-utara-tanam-pohon-pisang-dan-kelapa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke