Salin Artikel

Jembatan Penghubung 3 Kabupaten di Maluku Putus, Akses Transportasi Lumpuh

Jembatan dengan panjang sekitar 70 meter yang berada tepat di perbatasan Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat itu putus setelah hujan deras tanpa henti mengguyur wilayah tersebut sejak Sabtu malam (16/7/2022) hingga keesokan harinya.

Akibat kejadian itu akses darat yang menghubungkan tiga kabupaten di Pulau Seram lumpuh total.

Yohanis, salah satu warga Elpaputih, mengatakan jembatan tersebut mulai mengalami keretakan di bagian ujung jembatan sejak hujan mengguyur wilayah itu pada Sabtu malam.

"Jadi tadi malam itu sudah mulai putus tapi motor masih bisa kewat tapi sekarang sudah putus total dan tidak bisa dilewati lagi," kata dia kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Minggu.

Ia mengatakan jembatan itu putus setelah Kali Wai Malam meluap dan menggerus ujung jembatan.

"Karena hujan tidak berhenti sungai menjadi besar dan memutus jembatan itu. Sampai siang ini hujan deras masih terjadi," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seram Bagian Barat, Thomas Wattimena mengakui putusnya jembatan itu telah melumpuhkan transportasi darat yang menghubungkan tiga kabupaten di wilayah tersebut.

"Iya terputus, dan akses penghubung tiga kabupaten untuk sementara lumpuh," kata Thomas saat dihubungi Kompas.com secara terpisah.

Putusnya jembatan itu menyebabkan kendaraan dari Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur yang hendak menuju Seram Bagian Barat tak bisa dilalui begitu pula sebaliknya.


Pascakejadian itu, BPBD Seram Bagian Barat langsung berkoordinasi dengan Balai Sungai Wilayah Maluku untuk penanganan darurat.

"Kita sudah koordinasi dengan pihak Balai Sungai dari semalam dan sekarang Kepala Satker sudah di sana. Tadi mereka sudah sampai dengan feri pertama," kata Thomas.

Thomas mengaku ia juga telah menghubungi pelaksana Balai Sungai untuk penanganan sementara jembatan tersebut.

"Saya juga sudah telepon pelaksananya dan mereka bilang habis ibadah minggu mereka akan bergerak," katanya.

Jembatan Kali Mala sendiri berada tepat di jalan Lintas Seram yang merupakan jalan nasional.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/17/110556978/jembatan-penghubung-3-kabupaten-di-maluku-putus-akses-transportasi-lumpuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke