Salin Artikel

Bupati Sumedang Bersiap Hadapi Dampak Negatif Ekonomi Global dengan 3 Langkah

SUMEDANG, KOMPAS.com - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, dampak ekonomi global yang membuat Sri Lanka menjadi negara bangkrut harus diantisipasi.

Sebab tidak menutup kemungkinan, apa yang dialami Sumedang. Untuk itu pihaknya harus bersiap mengantisipasi dampak kondisi ekonomi global tersebut. 

"Sumedang harus ikut mengantisipasi dampak kondisi ekonomi global. Sri Lanka sudah bangkrut dan 60 negara di dunia dikhawatirkan ikut bangkrut," ujar Dony di Induk Pusat Pemerintahan Sumedang, Rabu (13/7/2022).

Dony menuturkan, Kabupaten Sumedang akan mengantisipasi dampak negatif dari ekonomi global ini dengan think globally (berpikir global), act locally (bereaksi lokal).

"Artinya kita berpikir global, tapi bagaimana lokal bisa mengantisipasinya," tutur Dony.

Dalam hal ini, sambung Dony, Sumedang akan mengedepankan tiga hal yakni digitalisasi ekonomi, peningkatan ketahanan pangan, dan hilirisasi industri.

"Industri akan kami hilirisasi, sehingga akan ada added value atau bertambah nilainya. Sehingga, tidak lagi hanya menjual bahan baku, tapi juga sudah menjadi produk," sebut Dony.

Dony mengatakan, cross cutting juga pemerintah daerah siapkan untuk menunjang mobilisasi modal sosial.

"Akan kami tunjang dengan cross cutting dan mobilisasi modal sosial. Kami siap menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi karena kami berpikir ke depan," ujar Dony.

Dony berharap, kemungkinan buruk dari dampak ekonomi global ini tidak terjadi di Kabupaten Sumedang.

"Selalu thinking ahead, untuk mengantisipasi dan mengatasi persoalan yang mungkin terjadi di negara kita. Bahkan, mungkin juga merambat ke daerah. Tapi, mudah-mudahan ini tidak terjadi," ucap Dony.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, berbagai kemungkinan buruk dari imbas ekonomi global harus diantisipasi, salah satunya stagflasi. 

Stagflasi adalah kondisi di mana pertumbuhan ekonomi mengalami perlambatan. Sementara inflasi terdorong naik akibat tekanan inflasi global. Saat ini, beberapa gejolak harga yang mulai terjadi adalah sektor pangan dan energi.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/15/171908078/bupati-sumedang-bersiap-hadapi-dampak-negatif-ekonomi-global-dengan-3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke