Salin Artikel

Sejumlah Pohon di Ambon Ditebang dan Dipangkas, Ini Alasannya

AMBON, KOMPAS.com - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Ambon, Maluku, menebang pepohon di sejumlah jalan di Kota Ambon, Jumat (15/7/2022).

Penebangan pohon itu dilakukan untuk mencegah kejadian pohon tumbang. Sebab, cuaca buruk masih terus melanda Kota Ambon hingga saat ini.

Pantauan Kompas.com di Jalan Sam Ratulangi Ambon, tampak sejumlah petugas mengerahkan satu mobil pemadam kebakaran yang telah dipasang alat pemotong pohon.

Di sepanjang jalan yang berada di pusat kota tersebut, petugas memotong ranting-ranting pohon yang berpotensi tumbang saat hujan dan angin kencang.

Mereka juga menebang sejumlah pohon yang sudah tua di kawasan itu. Selain di jalan-jalan di pusat kota, petugas juga melakukan hal yang sama di sejumlah kawasan seperti di sepanjang kawasan Talake dan di jalan Sultan Hasanudin.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Ambon, Edwin J. Pattikawa mengatakan, pemangkasan dan penebangan pohon di sejumlah jalan itu dilakukan karena kondisi cuaca yang masih sangat buruk di Kota Ambon.

"Mengingat cuaca yang masih memburuk maka pepohonan yang sudah tua dan kering dan berpotensi tumbang kita pangkas dan tebang," kata Edwin kepada wartawan, Jumat.

Edwin mengungkapkan, pihaknya mengerahkan seluruh petugas untuk melakukan penebangan pohon di sejumlah kawasan dan jalan di Ambon yang dianggap membahayakan keselamatan warga.

"Kita bentuk beberapa tim jadi semua dikerahkan untuk melakukan tugasnya di beberapa lokasi," ujarnya.

Penebangan pepohonan yang sudah tua di taman kota dan tepi jalan itu, kata Edwin, telah dilakukan lebih dari sepekan yang lalu.

"Ini sudah lebih dari sepekan lalu dan kita akan terus tebang apalagi pohon yang sudah berdiri miring dan sudah tua, karena ini sangat membahayakan," katanya.

Iwan, warga setempat, mengaku mendukung penebangan pohon untuk menghindari terjadinya pohon tumbang.

"Sebagai warga kami sangat mendukung sekali apalagi saat ini kita tahu cuaca masih sangat buruk," ujar Iwan.

Sabri, warga lainnya, mengaku sempat khawatir saat melintas di Jalan Sam Ratulangi Ambon karena banyak pohon yang berpotensi tumbang.

"Jujur saja kemarin-kemarin saat angin kencang dan hujan itu saya tidak berani lewat karena saya pernah juga tertahan saat pohon tumbang di Galunggung, tapi saya bersyukur banyak pohon sudah ditebang," ungkapnya.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena juga telah memerintahkan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Ambon untuk menebang pepohonan yang sudah tua yang masih berdiri di sejumlah kawasan di Ambon.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/15/111342378/sejumlah-pohon-di-ambon-ditebang-dan-dipangkas-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke