Salin Artikel

Polisi Razia Peserta Aksi Tolak DOB dan Otsus oleh PRP di Jayapura

JAYAPURA, KOMPAS.com - Petugas Kepolisian Resor (Polres) Jayapura, Papua, merazia peserta aksi demonstrasi tolak Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi Khusus (Otsus), Kamis (14/7/2022). Razia ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan selama aksi berlangsung. 

Aksi itu dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang tergabung dalam Petisi Rakyat Papua (PRP). Aksi akan berlangsung di Kabupaten Jayapura.

Sementara itu, razia oleh petugas polisi berlangsung di Jalan Raya Sentani-Abepura, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Kepala Bagian Perencanaan (Kabag Ren) Polres Jayapura, AKP Elias Endang mengatakan, pelaksanaan kegiatan patroli dan razia ini berjalan aman dan kondusif.

“Ini mengatakan bahwa situasi kamtibmas saat ini masih aman terkendali, namun sehubungan dengan adanya rencana kegiatan aksi demo tolak DOB dan Otsus oleh kelompok PRP yang akan melaksanakan unjuk rasa di Jayapura,” kata Elias, Kamis pagi.

Menurut Elias, patroli dan razia yang dilaksanakan ini adalah untuk mencegah dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat pelaksanaan demo.

“Kami melakukan rasia ini untuk mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi saat pelaksanaan demo tolak DOB dan Otsus yang dilakukan oleh PRP,” tuturnya.

Dia menyatakan, pihaknya terus melakukan upaya preventif dengan memberikan imbauan untuk tak melakukan aksi unjuk rasa.

"Kita akan melaksanakan sweeping di tempat ini untuk mencegah adanya massa yang akan turun demo DOB oleh kelompok PRP secara humanis,” ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua. Yakni, Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/14/094453078/polisi-razia-peserta-aksi-tolak-dob-dan-otsus-oleh-prp-di-jayapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke