Salin Artikel

Pesawat SAM Air yang Ditembaki KKB di Nduga Berhasil Dievakuasi

Proses evakuasi dilakukan menggunakan helikopter Kamov yang memiliki kemampuan mengangkut benda sangat berat, Rabu (13/7/2022).

"Alhamdulillah kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada aparat keamanan dan juga masyarakat yang sudah membantu dalam proses evakuasi pesawat kami," ujar Pimpinan PT. SAM air Wagus Hidayat, melalui keterangan tertulis, Rabu.

Setelah tiba di Mimika, pesawat tersebut dijadwalkan akan dikirim ke Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

"Nantinya ada beberapa bagian pesawat yang perlu dipisahkan dari badan pesawat supaya lebih memudahkan dalam proses pengangkutan selanjutnya," kata Wagus.

Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander Panelewen S menyatakan, selama proses persiapan evakuasi, personelnya melakukan pengamanan di sekitar area bandara.

"Proses evakuasi berhasil dilakukan tanpa adanya gangguan keamanan," kata dia.


Sebelumnya diberitakan, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya melakukan aksi penembakan di Bandara Kenyam, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (7/6/2022) siang.

Akibatnya, satu unit pesawat caravan milik SAM Air rusak akibat tertembak di beberapa bagian.

"Saat pesawat mendarat di bandara Kenyam, petugas (maskapai) langsung membuka pintu bagasi dan kedua pilot masih dalam pesawat. Tiba-tiba dari arah Alguru (Kali Kenyam) pihak KKB melakukan penembakan ke arah pesawat," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, melalui keterangan tertulis, Selasa.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/13/195110678/pesawat-sam-air-yang-ditembaki-kkb-di-nduga-berhasil-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke