Salin Artikel

Gunung Gamalama Mengeluarkan Asap Putih, Ini Sebabnya

KOMPAS.com - Gunung Api Gamalama di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, mengeluarkan asap putih, Selasa (12/7/2022) pagi. Meksi begitu, asap putih yang keluar dari puncak kawah disebut tidak terkait dengan peningkatan aktivitas vulkanik.

Asap putih setinggi 200 meter dari puncak kawah itu terlihat pada pukul 6.30 WIT hingga 9.30 WIT pada Selasa.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Dedi Nurani menjelaskan, asap putih yang keluar dari kawah gunung setinggi 1.715 meter di atas permukaan laut itu akibat air hujan yang terus-menerus masuk ke dalam kawah.

"Air hujan yang terus menerus masuk ke kawah Gunung Gamalama yang kemudian berinteraksi dengan kawah panas mengakibatkan munculnya asap dan asap itu naik ke atas," kata Dedi di Ternate, seperti dikutip Antara, Selasa.

Dedi mengatakan, warga yang berada di sekitar gunung tidak perlu khawatir. Sebab, asap putih yang keluar dari kawah itu tidak membahayakan.

Meski begitu, warga diimbau untuk tetap waspada karena gunung yang ada di tengah Pulau Ternate itu berstatus Level II Waspada.

"Masyarakat diminta untuk tidak mendekati puncak Gunung Gamalama dalam radius 1,5 kilometer dari puncak gunung dan mewaspadai pula kemungkinan terjadi banjir lahar dingin saat hujan deras," katanya.

Sumber: Antara

https://regional.kompas.com/read/2022/07/13/113356478/gunung-gamalama-mengeluarkan-asap-putih-ini-sebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke