Salin Artikel

Warga Muslim di Wineru Minahasa Utara Gelar Idul Adha Sabtu Besok

Namun, sejumlah masjid di Indonesia mulai melaksanakan Shalat Id Sabtu besok (9/7/2022). Salah satunya Masjid Al-Jihad di Wineru, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Menurut Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Al-Jihad Wineru, Ahmad Usman, jika pada Sabtu posisi jemaah haji bukan lagi di Arafah, namun sudah berada di Mina.

"Pengertian puasa Arafah itu, adalah puasa yang disunnahkan bagi Muslim di Indonesia yang tidak melaksanakan haji, dan saat itu posisi jemaah tengah berada di padang Arafah untuk ibadah wukuf, sehingga dinamakan puasa Arafah. Sementara pada Sabtu besok, jemaah haji posisinya sudah berada di Mina," jelas Ahmad Usman.

Karena itu, lanjut Ahmad, seharusnya Jumat (8/7/2022) merupakan waktu untuk berpuasa Arafah, dan Sabtu menjadi momen pelaksanaan Shalat Id.

Rencananya, Shalat Id di Masjid Al-Jihad Wineru akan dipimpin langsung Imam Masjid Zubair Papunggo, sementara Hikmah Idul Adha akan disisi Syahri Kantohe.

Di sisi lain, Kakanwil Agama Sulawesi Utara, Anwar Abubakar, mengimbau seluruh Muslim se-Sulawesi Utara untuk melaksanakan Idul Adha sesuai penetapan yang dikeluarkan Pemerintah.

"Kita imbau kepada seluruh Muslim agar melaksanakan shalat Idul Adha berdasarkan hasil Isbat yang dikeluarkan Kementrian Agama Republik Indonesia," tutur Anwar saat ditemui Kompas.com.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/08/235816578/warga-muslim-di-wineru-minahasa-utara-gelar-idul-adha-sabtu-besok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke