Salin Artikel

Polisi di Tapsel Tembak Mati Terduga Pencuri Kelapa Sawit Berujung Kerusuhan, Ini Kronologinya

KOMPAS.com - Kerusuhan massa terjadi di Kantor PT Tapian Nadenggan di Kecamatan Halongonan Timur, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara, Rabu (6/7/2022) sore.

Akibatnya, bangunan kantor dan sejumlah kendaraan dibakar massa. Kerusuhan itu terjadi usai salah satu warga yang diduga mencuri tewas ditembak anggota polisi.

"Mereka sempat mengancam petugas dengan senjata tajam, dan personel kita ikut membantu dengan memberikan tembakan peringatan. Namun pelaku semakin beringas dan menyerang petugas, lalu dilakukan tindakan tegas terukur kepada pelaku pencurian," kata Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Kamis (7/7/2022).

Sementara itu, kata Roman, anggota polisi yang melakukan penembakan kepada warga itu sudah diperiksa Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Kepolisian Resor (Polres) Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara.

"Aiptu ISH (yang melakukan tembakan) dalam pemeriksaan Propam Polres Tapsel untuk mendalami peristiwa tersebut," ujar Roman.

Roman menjelaskan, polisi awalnya menerima laporan dari pihak keamanan perusahaan terkait warga diduga melakukan pencurian.

Polisi dan petugas keamanan perusahaan mendatangi warga tersebut untuk melakukan penangkapan.

Namun, saat itu ada tujuh warga lainnya yang protes atas penangkapan itu dan akhirnya berujung penembakan.

(Penulis : Kontributor Padang Sidempuan, Oryza Pasaribu | Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2022/07/07/123023178/polisi-di-tapsel-tembak-mati-terduga-pencuri-kelapa-sawit-berujung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke