Salin Artikel

Survei CigMark: Kontribusi Ridwan Kamil Besar Jika Sebagai Cawapres, Bisa Jadi Kunci Kemenangan Pilpres

KOMPAS.com - Elektabilitas Ridwan Kamil jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terus meningkat.

Buktinya, berdasarkan survei yang dilakukan oleh CigMark, pria yang akrab disapa Kang Emil itu disebut sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres) paling kontributif dalam mendongkrak elektabilitas calon presiden (capres).

Dalam survei terkait simulasi dengan dua atau tiga pasangan yang dilakukan CigMark, Emil disebut tetap berkontribusi besar mendulang suara pada Pilpres 2024.

Seperti diberitakan Tribunnews.com, Selasa (5/7/2022), hasil survei menunjukkan, pasangan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil meraih dukungan sebesar 38,1 persen.

Pasangan tersebut unggul dari duet Prabowo Subianto-Erick Thohir yang mendapat 23,3 persen, dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 22,1 persen dengan undecided 16,5 persen.

Founder CigMark, Setia Darma mengungkapkan, jika Ridwan Kamil menjadi cawapres dari Prabowo Subianto pun akan tetap unggul dari pasangan lainnya.

"Pasangan ini juga unggul dari pasangan lainnya dengan memperoleh dukungan 37,7 persen," kata Setia, di Jakarta Pusat, Selasa (5/7/2022).

Sementara itu, pasangan Ganjar Pranowo - Puan Maharani hanya mendulang dukungan sebanyak 22,7 persen, serta Anies Baswedan - Khofifah Indar Parawansa sebesar 19,6 persen, dengan jumlah responden yang tak memilih sekira 20 persen.

Dalam kombinasi yang lain, Emil tetap menjadi kunci kemenangan bagi capres yang mengusungnya. Seperti ketika dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Ganjar dan Ridwan Kamil dapat dukungan 42,7 persen. Sementara Prabowo dan Anies hanya 37 persen. Sisanya undecided 20,3 persen," ujarnya.

Meski persaingan akan cukup ketat, namun kondisinya tak berbeda bila Prabowo - Emil melawan Ganjar - Anies. Masing-masing meraih dukungan sebesar 40,6 persen dan 37,9 persen.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/05/173921978/survei-cigmark-kontribusi-ridwan-kamil-besar-jika-sebagai-cawapres-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke