Salin Artikel

Lokasi Hilangnya Mahasiswa Uncen Saat Menyelam, Disebut Dekat dengan Tempat Sakral Adat

Pengelola tempat wisata menyebutkan, mahasiswa tersebut hilang di sekitar area larangan adat masyarakat setempat yang dikenal dengan sassi masyarakat adat Kampung Tablasupa di Tanjung Tanah Merah.

Di tempat itu, warga atau wisatawan tidak boleh melakukan penangkapan ikan.

“Kepada semua warga masyarakat tua, muda, anak tidak boleh ambil ikan di situ, larangan ini sangat sakral secara budaya, mengingat dengan alam,” kata pengelola tempat wisata Sopia Melisa Serontou, Senin (4/7/2022).

Tanpa sepengetahuan

Sopia menjelaskan, korban datang pada Sabtu (2/7/2022) bersama rekan-rekannya untuk berwisata. Mereka menginap di sekitar lokasi Pantai Harlem.

Warga hingga pengelola mengira mahasiswa tersebut dan rekan-rekannya hanya berwisata seperti tamu pada umumnya.

“Korban dan teman-temannya menginap pada hari Sabtu dan melakukan perburuan ikan tanpa sepengetahuan warga di situ,” jelasnya.

Masyarakat Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura baru mengetahui adanya informasi orang hilang pada Minggu (3/7/2022) sekitar pukul 15.00 WIT.

“Ini jelas-jelas korban bukan melakukan selam dalam rangka berwisata dibawah laut (diving), seperti biasanya para wisatawan bawa laut yang datang ke lokasi kami selalu menghubungi kami,” jelasnya.


Masyarakat ikut mencari

Setelah menerima kabar hilangnya seorang mahasiswa, warga setempat melakukan ritual adat pada malam harinya dan berupaya mencari korban.

Sopia merasa ikut prihatin dengan kejadian tersebut. Dia berharap para wisatawan yang datang melaporkan aktivitasnya saat berwisata.

Saat ini pihak SAR gabungan dari Kantor Pencarian dan Pertolong Jayapura, Satuan Polisi (Satpol) Air Polres Jayapura dan Polsek Depapre, serta warga sekitar sedang melakukan pencarian terhadap korban di lokasi Pantai Harlem.

Sopia mengatakan, khusus untuk wisata bawa laut di wilayah perairan Depapre ada titik-titik menyelam yang sudah ditentukan. Para tamu yang datang akan selalu diarahkan dan didampingi.

“Kejadian korban hilang saat menyelam ikan ini berada di spot yang bukan menyelam dan kami selama ini tidak bawa pengunjung ke situ,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/04/141247378/lokasi-hilangnya-mahasiswa-uncen-saat-menyelam-disebut-dekat-dengan-tempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke