Salin Artikel

Penerbangan Langsung Solo-Luar Negeri Jadi Pembahasan Serius Sandiaga Uno dan Gibran

Sandiaga mengatakan, rencana ini muncul buntut mulai banyaknya event baik nasional maupun internasional di Solo.

"Isu utama di penerbangan langsung ke luar negeri. Tadi saya atas permintaan Mas Wali (Gibran Rakabuming) sudah berhubungan dengan maskapai untuk mengajukan izin. Nanti Mas Wali membantu memberi rekomendasi, saya akan langsung berhubungan dengan Menteri Perhubungan," kata Sandiaga Uno, Sabtu (2/7/2022).

Lanjut Sandiaga, ada dua rencana penerbangan yang mereka bahas, yakni dari Singapura-Solo, dan Kuala Lumpur-Solo.

"Yang sangat prospek dari Singapura, Kuala lumpur karena Asean Tourism forum ini akan digelar di Indonesia. Dan kita akan jadi ketua Asean tahun depan, itu beberapa negara Asean," katanya.

Penerbangan langsung ini, bentuk pengembangan penerbangan langsung dari Bali-Manila yang sukses dilaksanakan dan diterapkan untuk menaikan wisatawan yang berkunjung ke Bali.

"Bali kemarin membuka langsung dari Manila, ternyata full flight. Karena 2 tahun ini masyarakat tidak melakukan kegiatan pariwisata. Destinasi menjadi sangat menarik, ternasuk solo," kata Sandiaga.

"Acara internasional ini butuh direct connection, next yang dekat Para Games. Karena 26 Juli 2022 masuk (Solo), kita percepat sesegera mungkin," lanjutnya.

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini menilai, potensi event-event di Kota Solo, perlu diperhatikan, melihat perkembangan juga sangat cepat.

"Saya sangat optimis, hopeful penuh harapan. Kita mengawal para pelaku ekonomi kreatif ini yang berinisiatif, kami cuma memfasilitasi," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengaku rekomendasi dan perencanaan telah dibicarakan dengan beberapa kementerian.

"Saya minta tolong beliau (Sandiaga Uno), BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Garuda (Maskapai penerbangan). Kalau terpaksanya belum bisa ya dari Jakarta dulu, sudah saya siapkan, Moga-moga bisa," harap Gibran, setelah mendampingi Sandiaga Uno, Sabtu (2/7/2022).

"Bukan hanya Para Games tapi pariwisata ke depan, gembar-gembor promosi tapi gak ada direct flight ya percuma," lanjut Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/02/205849178/penerbangan-langsung-solo-luar-negeri-jadi-pembahasan-serius-sandiaga-uno

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke