Salin Artikel

Faktor Penyebab Hanya Satu Siswa Pendaftar di SD Negeri Sruwen 01 Semarang

KOMPAS.com - Kekurangan siswa terjadi di Sekolah Dasar (SD) Negeri Sruwen 01 Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Hanya ada satu siswa yang mendaftar di sekolah tersebut hingga Sabtu, (2/7/2022).

Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Semarang, Sukaton Purtomo Priyatmo mengatakan, karena hanya ada satu siswa, masa pendaftaran di sekolah tersebut diperpanjang.

"Saat ini baru ada satu pendaftar di sekolah tersebut, maka masa pendaftaran diperpanjang hingga 11 Juli 2022 atau saat memasuki tahun ajaran baru," terangnya, Sabtu (2/7/2022).

Menurutnya, beberapa faktor penyebab kurangnya minat pendaftar di SD tersebut.

Salah satunya banyak anak di sekitar sekolah yang belum memenuhi ketentuan untuk mendaftar, terutama soal usia.

"Jadi memang untuk tahun ajaran saat ini, usianya belum sesuai syarat, banyak yang masih TK. Kemungkinan tahun depan, sudah bisa melakukan pendaftaran," ucapnya.

Oleh karena menurut Sukaton menyinggung perlunya kajian lebih lanjut mengenai regrouping SD Negeri Sruwen 01.

"Regrouping tidak bisa serta merta dilakukan, karena yang kekurangan kan hanya di kelas 1. Untuk kelas 2 sampai kelas 6 tidak ada masalah, jumlah siswa terpenuhi," kata Sukaton.

Sukaton berharap, hingga batas akhir masa perpanjangan pada 11 Juli 2022, setidaknya ada 10 siswa yang nendaftar di sekolah tersebut.

"Memang yang kurang itu muridnya, untuk tenaga pendidik dan infrastruktur lain sudah siap," paparnya.

Berdasarkan laporan, hanya ada satu sekolah yang kekurangan murid, sementara sekolah lain sudah memenuhi kuota minimal siswa.

"Sementara untuk SMP semua sekolah mendapat siswa, memang ada yang kurang tapi memenuhi syarat untuk mengadakan rombongan belajar," kata Sukaton.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Ungaran, Dian Ade Permana | Editor: Andi Hartik)

https://regional.kompas.com/read/2022/07/02/144239378/faktor-penyebab-hanya-satu-siswa-pendaftar-di-sd-negeri-sruwen-01-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke