Salin Artikel

Tjahjo Kumolo Meninggal, FX Rudy Berduka: Kehilangan Teman Ngopi dan Sosok Jago Lobi

Rudy sapaan akrabnya mengaku terakhir bertemu pada 23 Mei 2022, lalu, di kediaman di Pucang Sawit, Kota Solo, Jawa Tengah setelah Tjahjo mengahdiri acara.

"Ke rumah saya pas acara. Saya mau ke hotel malah beliau bilang ke rumah saya setiap kali di Solo," kata Rudy saat dihubungi, Jumat (1/7/2022).

Selama pertemuan singkat itu, Rudy bersama Tjahjo saling bertukar pikiran sambil minum kopi kesukaan keduanya.

"Ngobrolin tentang kangen-kangenan, organisasi, pemerintahan, soal perjuangan beliau. Kebiasaan di Solo, kalau ke rumah ngopi, jadi teman ngobrol sambil nge-cerutu," ujarnya.

Rudy mengaku dirinya dan Partai PDI-P sangat kehilangan sosok Tjahjo yang dikenal jago lobi dalam segala urusan.

"Sosok kader sekjen yang punya kritis yang indragiritas sikap dan komitmen terhadap pimpinan (Megawati Soekarnoputri)maupun PDI-P yang luar biasa. Beliau jago lobi, juga  kepercayaan buat ibu ketua umum," jelasnya.

"(Urusan partai) saat keputusan yang harus diputuskan ketua umum, beliau (Tjahjo) memiliki peran penting," lanjutnya.

Tak hanya itu, Rudy menjelaskan  kesederhanaan Tjahjo yang membuat dirinya kagum.

"Tidak pernah neko-neko dan kesederhananya itu loh yang menjadi catatan bagi saya. Kalau ada tugas dia sekalipun sebagai Menteri tidak pernah minta dijemput, tidak pernah minta difasilitasi, kalau saya mau sowon (bertemu) saja, langsung dijapri-japrian saja," jelasnya.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta. Kemudian disemayamkan di Rumah Dinas Menteri PAN-RB Jalan Widya Chandra IV No. 22 Jakarta Selatan.

Selanjutnya, jenazah Tjahjo dishalatkan di Masjid Quba Kantor Kementerian PANRB Jalan. Jend. Sudirman Kav. 69 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Rencananya Rudy bakal bertolak ke Jakarta, untuk menghadiri pemakaman mantan sekjen PDI-P tersebut.

""Ini baru nunggu diinfo dulu. Ada rencana ke sana (melayat), mungkin terpaksa harus lewat jalur darat bisa sampai ke sana dan tidak terlambat, saya berangkat," jelas FX Rudy.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/150120378/tjahjo-kumolo-meninggal-fx-rudy-berduka-kehilangan-teman-ngopi-dan-sosok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke