Salin Artikel

KSAL Tinjau Lokasi Pembangunan Mako di IKN, Perkuat Pengamanan Pesisir

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam rangka kunjungan kerja sekaligus meninjau lokasi yang akan dibangun Markas Besar TNI AL pada Kamis (30/6/2022).

Yudo mengatakan, dirinya datang langsung untuk melihat di mana letak persis lahan yang akan dibangun Markas Besar TNI termasuk lokasi untuk Markas TNI AL.

Ia menyebutkan, lokasi pembangunan Markas TNI AL seluas 40 hektare untuk pembangunan Komando Daerah Maritim (Kodamar) atau yang sebelumnya bernama Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal).

"Tadi meninjau langsung di sana dalam rangka perencanaan untuk Mako maupun untuk personel di sana, termasuk rencana pertahanannya. Dari TNI itu ada 150 hektare, kami dapat 40 hektare," kata Yudo, saat ditemui awak media di Bandara VIP Balikpapan pada Kamis petang.

Yudo mengatakan, untuk kekuatan personel sudah pasti akan ditambah guna memperkuat pertahanan di wilayah IKN.

Pembangunan Kodamar sendiri terus menjadi pembahasan dan dalam progres perencanaan dan pemetaan kekuatan.

Kodamar sendiri nantinya difokuskan pada kekuatan pertahanan pantai.

"Kami nanti akan membesarkan Lanal Balikpapan menjadi Kodamar, masih dalam proses sekarang. Jadi Komando Daerah Maritim tugas pertahanan pantai karena sudah ada Koarmada II yang untuk pertahanan lautnya," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/061119078/ksal-tinjau-lokasi-pembangunan-mako-di-ikn-perkuat-pengamanan-pesisir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke