Salin Artikel

Warga di Merauke Bentangkan Bendera Raksasa Sambut Pengesahan RUU Provinsi Papua Selatan

MERAUKE, KOMPAS.com - Sejumlah elemen masyarakat di Merauke membentangkan bendera merah putih raksasa sepanjang 76 meter menyambut disahkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) pembentukan Provinsi Papua Selatan, Kamis (30/6/2022) sore.

Merauke akan menjadi ibu kota dari provinsi baru hasil pemekaran itu.

Bendera raksasa itu dibentangkan di halaman Kantor Bupati Merauke dengan diikuti oleh spanduk panjang bertuliskan 'Selamat Datang Provinsi Papua Selatan'.

Bendera raksasa itu dibentangkan oleh warga Merauke yang tergabung dalam Komunitas Otomotif bersama sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di sejumlah SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Merauke.

Sebelumnya, warga juga telah melakukan ibadah syukur yang berlangsung di patung Yesus Raja di Kompleks Bandar Udara Mopah Merauke.

Sekretaris Daerah Kabupaten Merauke, Ruslan Ramli menuturkan, sebelumnya warga berencana melakukan pawai, namun untuk menjaga situasi tetap kondusif kegiatan tersebut diganti dengan doa serta pembentangan bendera merah putih.

"Ini spontanitas sebagai ungkapan kegembiraan karena merah putih telah menerbitkan suatu hal yang sangat bersejarah yang dinanti masyarakat Anim Ha selama 20 tahun," kata Ruslan Ramli saat ditemui di sela kegiatan.

Menutup rangkaian pembentangan bendera merah putih raksasa itu, warga merayakan dengan menari bersama mengelilingi halaman kantor Bupati Merauke.

Diketahui, DPR RI telah mengesahkan RUU pembentukan tiga provinsi baru di Papua, yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/30/220616378/warga-di-merauke-bentangkan-bendera-raksasa-sambut-pengesahan-ruu-provinsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke