Salin Artikel

Komplotan Copet Dibekuk Saat Konser Musik di Kebumen, Modus Alihkan Perhatian Penonton dengan Sulut Petasan

KEBUMEN, KOMPAS.com - Polisi berhasil membekuk tiga orang komplotan copet yang beraksi saat konser musik dalam gelaran Kebumen International Expo di Alun-alun Kebumen, Jawa Tengah.

Komplotan tersebut terdiri atas tiga pria, masing-masing berinisial AF (33), SK (19), dan MA (37). Ketiganya berasal dari Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin mengatakan, para tersangka mengambil kesempatan ramainya suasana KIE untuk melakukan aksi kejahatan.

"Mereka menyamar jadi penonton dan ikut membaur di depan panggung," kata Burhanuddin, melalui keterangan resmi yang dikutip, pada Kamis (30/6/2022).

Burhanuddin mengatakan, masing-masing ada yang bertugas mendorong sasaran, ada yang mengambil dan membawa lari hasil curian.

Bahkan, ada pelaku yang berperan mengalihkan perhatian saat konser musik dengan menyulut petasan.

"Boleh dikatakan mereka memiliki persiapan matang untuk melakukan aksi kejahatan saat perhelatan akbar KIE, meski datang dari luar daerah," ujar Burhanuddin.

Dari tangan para tersangka, polisi mengamankan sejumlah ponsel hasil curian.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan, dengan ancaman hukuman penjara paling lama tujuh tahun.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Burhanuddin mengimbau kepada pengunjung agar selalu waspada dengan barang bawaannya.

Polres Kebumen menerjunkan 1.000 personel gabungan untuk mengamankan KIE yang berlangsung sejak 25 Juni hingga 2 Juli 2022.

Gelaran KIE diisi kegiatan pameran, festival, pertunjukan budaya, karya seni, dan konser musik artis-artis papan atas pada malam harinya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/30/094002678/komplotan-copet-dibekuk-saat-konser-musik-di-kebumen-modus-alihkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke