Salin Artikel

Wali Kota Serang "Titip" Siswa di PPDB Banten, Ombusdman: Masuk Malaadministrasi

SERANG, KOMPAS.com - Ombudsman Banten menyayangkan adanya surat rekomendasi  dari Wali Kota Serang Syafrudin untuk menitipkan salah satu calon peserta didik baru di SMAN 1 Kota Serang.

Zainal Muttaqin, Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Ombudsman RI Perwakilan Banten mengatakan, adanya surat rekomendasi tersebut bertentangan dengan semangat PPDB yang berkeadilan sesuai dengan Permendikbud 1 Tahun 2021.

"Bisa masuk jenis malaadministrasi penyalahgunaan wewenang," kata Zainal kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Selasa (28/6/2022).

Menurut Zaenal, sebagai seorang pejabat publik, apalagi pemimpin dan kepala daerah, sudah sepatutnya memberi contoh bagi masyarakat.

Caranya, dengan menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku agar tercipta ketertiban, kepastian hukum, serta keadilan yang bertanggung jawab.

"Hormati para penyelenggara PPDB yang sudah berupaya keras menjaga agar proses berjalan secara objektif, transparan, dan akuntabel," ujar Zaenal.

Untuk itu, lanjut Zaenal, Ombudsman meminta para kepala daerah, pejabat publik, pemimpin ormas, serta seluruh pihak yang berkepentingan agar patuh kepada mekanisme yang sudah ditentukan.

Zaenal menambahkan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten perlu merespons dan menyikapi hal ini dengan jelas dan tegas.

"Nyatakan bahwa hanya calon-calon siswa yang mengikuti dan memenuhi kriteria yang sudah dipersyaratkan sesuai Permendikbud, Pergub, dan juklak juknis yang dapat diterima," tutur dia.

Sebelumnya, sebuah foto memperlihatkan surat rekomendasi Wali Kota Serang Syafrudin agar menerima salah satu calon siswa yang mengikuti PPDB SMAN 1 Kota Serang.

Dalam foto tersebut terlihat, di bagian atas terdapat kop surat burung garuda bertuliskan WALIKOTA SERANG. Surat tersebut diunggah akun twitter @dawiguna.

Surat rekomendasi itu ditandatangani Syafrudin dengan jabatan Wali Kota Serang. Ia meminta SMAN 1 Kota Serang membantu salah satu calon peserta didik baru.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/28/155411478/wali-kota-serang-titip-siswa-di-ppdb-banten-ombusdman-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke