Salin Artikel

Saat Dalang Cilik Perempuan Sambut Kedatangan Menteri Sandi di Lombok Barat

Siswa kelas 3 SDN 1 Buwun Sejati itu tampil secara langsung di hadapan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Ketua DPRD Lombok Barat Hj Nuhidayah, pejabat kementerian dan kepala OPD dan tamu undangan lainnnya.

Penampilannya yang membawakan cerita religi dengan banyak hikmah memesona Menparekraf dan Bupati Lombok Barat. Sandi pun langsung menghampiri dalang cilik yang masih berusia 10 tahun ini.

Dia menilai dalang cilik Zahra ini merupakan aset bangsa. Pasalnya Zahria adalah generasi penerus budaya bangsa.

Menurutnya perlu ada upaya-upaya seperti di Desa Wisata Buwun Sejati untuk melestarikan kelompok dalang sehingga kesenian wayang bisa berkelanjutan. Ia memuji desa wisata Buwun Sejati dan Bupati Lombok Barat yang telah berhasil melahirkan dalang cilik.

"Ini merupakan langkah maju dari desa wisata buwun sejati dan Bupati Lombok Barat yang dapat melahirkan dalang cilik seperti Zahria" ungkap Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga memberikan bantuan berupa sound system kepada sanggar dalang Jati Suware Desa Buwun Sejati pimpinan Dalang Sukardi.

"Adek Zahria tadi kayanya terharu, sekarang sudah ada sound system bluetooth tidak perlu lagi pakai kabel, semoga ini bermanfaat, " ungkap Sandiaga.

Setelah melihat penampilan dalang cilik, menteri Sandi Uno menikmati lomba karapan sapi sawah. Seperti diketahui karapan sapi merupakan tradisi yang ada di desa Buwun Sejati dan menjadi daya tarik wisata,

Setelah itu Menparekraf dan rombongan bergerak menuju destinasi wisata pemandian alam Aik Nyet. Di tempat itu Menparekraf menikmati sate bulayak dan duren khas buwun sejati.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/25/222359078/saat-dalang-cilik-perempuan-sambut-kedatangan-menteri-sandi-di-lombok-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke