Salin Artikel

Sebulan Kabur, Pelaku Pencabulan dan Pembunuhan Sadis di Jayapura Akhirnya Ditangkap

JAYAPURA, KOMPAS.com - Setelah sebulan kabur, pelaku pencabulan dan pembunuhan sadis berinisial YFH (35) terhadap korban Nelci Yarisetouw berhasil ditangkap aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Sentani Timur.

Pelaku ditangkap di Kampung Nendali, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (23/06/2022).

Kapolsek Sentani Timur, Iptu Yohan Ongge menjelaskan, insiden pencabulan disertai pembunuhan ini terjadi pada 19 Mei 2022. Saat itu, pelaku mengajak korban untuk mengonsumsi minuman keras di Wilayah Dapur Papua, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

“Saat keduanya sudah mabuk, korban meminta untuk diantar pulang. Namun pelaku tidak mau dengan alasan minuman belum habis dan tidak ada kendaraan,” kata Yohan saat menggelar konferensi pers di Polsek Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (24/06/2022).

Menurut Yohan, korban yang emosi karena tidak diantar pulang lalu meledek pelaku dengan beberapa kalimat yang membuat pelaku tersinggung. Pelaku lantas mengambil badik lalu menikam korban pada bagian belakang yang membuat korban berteriak meminta tolong.

“Teriakan korban membuat pelaku marah dan kembali menikam korban pada bagian belakang dan paha sebanyak 20 kali,” jelasnya.

Tidak sampai di situ, Yohan menyebut, pelaku bahkan merobek pakaian korban menggunakan pisau yang dipegang dan pencabuli korban.

“Setelah itu pelaku memukul korban menggunakan kayu hingga meninggal dunia di lokasi,” tuturnya.

Usai kejadian itu, pelaku pergi meninggalkan korban dan kembali ke rumahnya. Korban baru ditemukan empat hari kemudian oleh warga setempat.

"Korban ditemukan sekitar empat hari kemudian. Saat ditemukan, korban sudah tidak dikenali," ujarnya.

Berdasarkan hasil penyelidikan terhadap penemuan jenazah korban, polisi mengetahui bahwa pelaku mengarah kepada YFH yang tinggal di Telaga Maya, Distrik Sentani Timur.

"Setelah teridentifikasi, anggota bergerak untuk menangkap pelaku. Tapi yang bersangkutan selalu menghindar dan kemarin akhirnya berhasil kami tangkap di Telaga Maya," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/24/134157278/sebulan-kabur-pelaku-pencabulan-dan-pembunuhan-sadis-di-jayapura-akhirnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke